(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

ANALISIS FREQUENT ITEMSET DAN DESAIN REKOMENDASI PAKET PRODUK PADA ADIKSI COFFEE BERBASIS MARKET BASKET ANALYSIS


Adiksi Coffee merupakan coffee shop yang bertempat di Kota Bandar Lampung yang memiliki bisnis utama yaitu mengelola biji kopi dan menjualnya menjadi berbagai jenis minuman kopi. Seiring berkembangnya pasar dan persaingan bisnis, Adiksi Coffee perlu merancang strategi penawaran untuk meningkatkan penjualan. Untuk memenuhi daya saing produk, owner tertarik untuk membuat penawaran dengan mengadakan promosi paket-paket produk. Namun untuk mencapai tujuan tersebut, terdapat masalah yaitu Adiksi Coffee belum memahami dasar yang dijadikan acuan untuk penentuan paket-paket tersebut, sementara Adiksi Coffee memiliki data historis yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung penambilan keputusan. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan knowledge extraction dan merancang rekomendasi produk dari rules pola beli konsumen untuk penawaran produk. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data transaksi selama 12 hari pengamatan. Frequent item dan pola beli konsumen ditemukan dengan melihat keterkaitan antara produk yang sering dibeli secara bersamaan. Data transaksi yang diklasifikasikan menjadi weekday, weekend, weekday siang, weekday sore, weekday malam, weekend siang, weekend sore, dan weekday malam untuk ditemukan value dari masing-masing waktu. Penelitian ini menghasilkan frequent item dan desain rekomendasi paket produk yang dapat digunakan owner untuk pemasaran dan promosi di Adiksi Coffee. Kata kunci: Association Rule Mining, Market Basket Analysis, Frequent Itemset Analysis.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2301130031

Keyword