Perancangan Sistem Pengendalian Motor Sebagai Penggerak Palang PIntu Kereta Api Pada ROTATOR-LCS
Perlintasan sebidang merupakan persilangan antara jalur kereta api dan jalan
raya yang berada dalam satu bidang. Perlintasan sebidang dapat menjadi tempat
yang rawan terjadinya kecelakaan. Untuk itu diperlukan sistem keamanan yang
memadai untuk mengurangi resiko terjadinya kecelakaan. Untuk mengatasi
masalah tersebut, maka dirancang perangkat ROTATOR-LCS yang dilengkapi
dengan sistem keamanan palang, pendeteksian kereta, rambu peringatan, dan
aplikasi monitoring. Penelitian bertujuan untuk merancang pengendalian motor
yang mampu mengendalikan palang secara otomatis ketika kereta melintas dengan
tetap memperhatikan pengendara. Hasil perancangan penelitian ini digunakan
sebagai penggerak palang pada perangkat ROTATOR-LCS.
Dalam implementasinya, pengendalian motor sebagai penggerak palang
memerlukan beberapa pertimbangan indikator untuk mencapai keberhasilan
perangkat. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan cara menguji hasil
implementasi pada sistem yang dirancang. Dalam penelitian ini akan dilakukan
beberapa pengujian seperti pergerakan motor, sensor Ultrasonik HC-SR04,
pendeteksian pengendara, dan sistem otomasi perangkat. Dengan menggunakan
kecepatan rata-rata kereta sebesar 80 km/jam, beberapa indikator keberhasilan yang
harus dicapai adalah sistem harus mampu menggerakan palang untuk menutup dan
membuka, sistem harus mampu mendeteksi objek untuk mengendalikan palang saat
menutup, dan sistem harus dapat bekerja secara otomatis ketika kereta melintas
dengan waktu maksimal penutupan adalah 31,5 detik.
Hasil dari penelitian ini, motor mampu menutup dan membuka palang dengan
tegangan yang dapat diatur melalui nilai PWM. Selanjutnya sensor Ultrasonik
mampu mendeteksi objek dengan akurasi paling kecil sebesar 99,40%. Lalu saat
palang sedang menutup dan sensor Ultrasonik masih mendeteksi objek, maka
palang yang sedang menutup akan tertahan. Untuk waktu proses penutupan palang
paling lama ketika ada kereta yang melintas adalah selama 28,50 detik.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2301120037
Keyword