(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Perancangan Sistem Pengendalian Motor Sebagai Penggerak Palang PIntu Kereta Api Pada ROTATOR-LCS


Perlintasan sebidang merupakan persilangan antara jalur kereta api dan jalan raya yang berada dalam satu bidang. Perlintasan sebidang dapat menjadi tempat yang rawan terjadinya kecelakaan. Untuk itu diperlukan sistem keamanan yang memadai untuk mengurangi resiko terjadinya kecelakaan. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dirancang perangkat ROTATOR-LCS yang dilengkapi dengan sistem keamanan palang, pendeteksian kereta, rambu peringatan, dan aplikasi monitoring. Penelitian bertujuan untuk merancang pengendalian motor yang mampu mengendalikan palang secara otomatis ketika kereta melintas dengan tetap memperhatikan pengendara. Hasil perancangan penelitian ini digunakan sebagai penggerak palang pada perangkat ROTATOR-LCS. Dalam implementasinya, pengendalian motor sebagai penggerak palang memerlukan beberapa pertimbangan indikator untuk mencapai keberhasilan perangkat. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan cara menguji hasil implementasi pada sistem yang dirancang. Dalam penelitian ini akan dilakukan beberapa pengujian seperti pergerakan motor, sensor Ultrasonik HC-SR04, pendeteksian pengendara, dan sistem otomasi perangkat. Dengan menggunakan kecepatan rata-rata kereta sebesar 80 km/jam, beberapa indikator keberhasilan yang harus dicapai adalah sistem harus mampu menggerakan palang untuk menutup dan membuka, sistem harus mampu mendeteksi objek untuk mengendalikan palang saat menutup, dan sistem harus dapat bekerja secara otomatis ketika kereta melintas dengan waktu maksimal penutupan adalah 31,5 detik. Hasil dari penelitian ini, motor mampu menutup dan membuka palang dengan tegangan yang dapat diatur melalui nilai PWM. Selanjutnya sensor Ultrasonik mampu mendeteksi objek dengan akurasi paling kecil sebesar 99,40%. Lalu saat palang sedang menutup dan sensor Ultrasonik masih mendeteksi objek, maka palang yang sedang menutup akan tertahan. Untuk waktu proses penutupan palang paling lama ketika ada kereta yang melintas adalah selama 28,50 detik.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2301120037

Keyword