(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

RANCANG BANGUN DAN IMPLEMENTASI MEKANIK PENGEREMAN OTOMATIS PADA KENDARAAN BERMOTOR MENGGUNAKAN REM TROMOL BERBASIS MIKROKONTROLER


Sistem pengereman merupakan sistem yang sangat penting untuk kebutuhuan pengendara baik mobil dan motor. Sistem pengereman ini berfungsi untuk menghentikan laju kendaraan bermotor atau melambatkan kendaraan bermotor yang sedang di kendarai oleh pengemudi. Akan tetapi sistem pengereman hanya dapat berfungsi ketika pengemudi menekan tuas rem saja, maka dari itu untuk lebih aman lagi dalam mengendarai kendaraan bermotor pada tugas akhir saya ini membuat rancang bangun mekanik pengereman otomatis pada kendaraan bermotor yang menggunakan rem tromol atau yang kami sebut sebagai sistem pengereman otomatis kendaraan bermotor (SPOKER). Metode yang digunakan adalah menghentikan atau melambatkan laju putaran roda bermotor secara bertahap melalui pedal rem tromol belakang kendaraan dalam jarak yang ditentukan mulai dari enam (6) meter hingga berhenti total minimum jarak 20 cm. Pada tahap ini menggunakan mikrokontroler yang dikoneksikan dengan motor servo dan sensor TF Luna ToF Lidar sebagai pendeteksi objek yang berada di depannya lalu sensor tersebut terintegrasi dengan modul GPS Neo-6M sebagai sensor kecepatan pengemudi. Pada sensor tf luna tof lidar dan modul GPS Neo-6M itu menjadi input pada sistem spoker, kemudian kedua input itu menjadi kesatuan sistem yaitu subsistem deteksi jarak dan kecepatan. Setelah input didapatkan dari subsistem deteksi jarak dan kecepatan selanjutnya data akan masuk kebagian sistem pengolahan data jarak, kecepatan dan pengereman otomatis. Kemudian akan menghasilkan output berupa data alarm (Buzzer) untuk berbunyi, penulisan data hasil pembacaan input (LCD dan SDCard) dan pengereman otomatis yang akan dilakukan pergerakan sudut oleh motor servo 60 kg.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2301120011

Keyword