(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Belajar Membaca Anak Dengan Metode Marker-Based Tracking dan Metode Waterfall


Di era sekarang ini, teknologi berkembang dengan pesat terutama pada bidang informasi. Pada awalnya mendapatkan informasi dari media massa, sekolah, media elektronik saja, dan sekarang telah berkembangnya teknologi Augmented Reality yang dapat diterapkan di bidang informasi. Augmented Reality merupakan suatu teknologi yang didapatkan dari penggabungan antara dunia nyata dan digital konten yang dibuat oleh komputer secara real-time. Tujuan membantu para orangtua yang memiliki anak untuk mengajarkan cara membaca dengan menggunakan teknologi AR Marker-Based Tracking pada 3 kategori objek (buah, binatang dan kendaraan) yang dimanfaatkan untuk cara mengeja serta melafalkan kata dan untuk media pembelajaran yang awalnya menggunakan buku diganti menggunakan teknologi AR ini berbasis smartphone. Pada pengujian cahaya marker dapat terdeteksi pada cahaya >200 dan 5-10 lux, namun pada >1 dan tanpa cahaya marker sudah tidak dapat terdeteksi dan tidak menampilkan objek. Pada jarak 30, 50, 70, dan 100 cm marker dapat terdeteksi, namun semakin jauh jarak objek virtual dan informasi yang tampil akan semakin kecil. Pengujian usability menggunakan System Usability Scale (SUS) yang didapatkan skor akhirnya sebesar 79,8333 yang artinya aplikasi yang telah dikembangkan sudah layak untuk digunakan oleh user. Kata Kunci : Media Informasi, Augmented Reality, Marker-Based Tracking, Objek Virtual

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2301090006

Keyword