Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Belajar Membaca Anak Dengan Metode Marker-Based Tracking dan Metode Waterfall
Di era sekarang ini, teknologi berkembang dengan pesat terutama pada bidang
informasi. Pada awalnya mendapatkan informasi dari media massa, sekolah, media
elektronik saja, dan sekarang telah berkembangnya teknologi Augmented Reality
yang dapat diterapkan di bidang informasi. Augmented Reality merupakan suatu
teknologi yang didapatkan dari penggabungan antara dunia nyata dan digital konten
yang dibuat oleh komputer secara real-time. Tujuan membantu para orangtua yang
memiliki anak untuk mengajarkan cara membaca dengan menggunakan teknologi
AR Marker-Based Tracking pada 3 kategori objek (buah, binatang dan kendaraan)
yang dimanfaatkan untuk cara mengeja serta melafalkan kata dan untuk media
pembelajaran yang awalnya menggunakan buku diganti menggunakan teknologi
AR ini berbasis smartphone. Pada pengujian cahaya marker dapat terdeteksi pada
cahaya >200 dan 5-10 lux, namun pada >1 dan tanpa cahaya marker sudah tidak
dapat terdeteksi dan tidak menampilkan objek. Pada jarak 30, 50, 70, dan 100 cm
marker dapat terdeteksi, namun semakin jauh jarak objek virtual dan informasi
yang tampil akan semakin kecil. Pengujian usability menggunakan System
Usability Scale (SUS) yang didapatkan skor akhirnya sebesar 79,8333 yang artinya
aplikasi yang telah dikembangkan sudah layak untuk digunakan oleh user.
Kata Kunci : Media Informasi, Augmented Reality, Marker-Based Tracking, Objek
Virtual
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2301090006
Keyword