(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

STRATEGI PEMASARAN EKOWISATA MANGROVE PANDAN ALAS DESA SRI MINOSARI KECAMATAN LABUHAN MARINGGAI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR


Ekowisata mangrove merupakan bentuk pemanfaatan ekosistem mangrove yang memadukan konsep konservasi, wisata dan edukasi. Salah satu contohnya adalah Ekowisata Mangrove Pandan Alas. Ekowisata ini mulai beroperasi pada tahun 2018 dan terus berupaya dalam perkembangannya sehingga dapat memenuhi tujuan sebagai pusat konservasi, wisata dan konservasi di Kabupaten Lampung Timur. Strategi pemasaraan ekowisata salah satu didasarkan pada identifikasi daya tarik wisata dan strategi pemasaran eksisting. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi daya tarik wisata (4A) Attraction, Accessbility, Amenities, dan Ancillary dengan analisis deskripitf dan strategi pemasaran eksisting dengan analisis deskriptif yang dilihat melalui (STP) Segmentation, Targetting, Positioning, dimana dengan analisis ini dapat membangun pasar yang lebih kuat, serta analsis SWOT dan Kuadran untuk penentuan strategi pemasaran ekowisata. Dalam daya tarik wisata dapat memberikan gambaran dan penjelasan keadaan ekowisata, dimana banyak sekali daya tarik yang disuguhkan, namun menurunnya tingkat kunjungan wisata yang dapat berdampak pada pengembangan ekowisata, dengan cara diagnosa (TALC) eksisting ekowisata mangrove yang memperlihatkan kearah mana nantinya strategi yang akan ditentukan, identifikasi strategi pemasaran eksisting ini mampu membangun pasar yang lebih kuat lagi melalui Segmentasi, Target dan Posisi pasar yang ada, dan kemudian ditentukanlah strategi prioritas pemasaran dimana terdapat 4 strategi pemasaran yang perlu dilakukan Meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang merupakan pelaku utama pariwisata dan memegang peranan sangat penting dalam kegiatan ekowisata, Memanfaatkan kemajuan IPTEK dan Meningkatkan promosi lewat media sosial, khususnya media elektronik dengan meningkatkan kualitas official website dan menggencarkan promosi disitus yang trend saat ini seperti instagram diktok, Memanfaatkan berbagai dukungan dari pemerintah dan mitra yang ingin berinvestasi, untuk bekerja sama dalam hal pengembangan baik dari segi pemasaran dan pengelolaan ekowisata mangrove pandan alas, Mengoptimalkan pengembangan daya tarik ekowisata mangrove pandan alas, baik dari Atraksi, Aksesbilitas, Amenitas, dan Ancilliary dalam upaya pengembangan ekowisata mangrove yang berkelanjutan. Kata Kunci: Daya Tarik Ekowisata, Ekowisata Mangrove Pandan Alas, STP Ekowisata Mangrove Pandan Alas, Analisis SWOT Dan Kuadran

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2301080001

Keyword