(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

TINGKAT KEPENTINGAN DAN KEPUASAN WISATAWAN TERHADAP SARANA DAN PRASARANA WISATA DI KAWASAN STRATEGIS PARIWISATA DAERAH (Studi Kasus : Pantai Mutun dan Pantai Sari Ringgung, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran)


Kawasan Strategis Pariwisata Daerah Teluk Pandan merupakan salah satu prioritas pengembangan daya tarik wisata yang berada pada Kabupaten Pesawaran. Berdasarkan RIPPDA Kabupaten Pesawaran dengan arahan pengembangan sarana dan prasarana wisata bahari di setiap daya tarik wisata. Sarana dan prasarana merupakan faktor penting untuk mencapai kepuasan wisatawan yang menjadi tolak ukur keberhasilan dalam pengembangan wisata. Tingkat kepentingan dan kepuasan wisatawan merupakan faktor setelah membandingkan apa yang dirasakan dengan apa yang diharapkan. Sehingga, tingkat kepentingan dan kepuasan wisatawan akan berpengaruh dalam peningkatan kunjungan wisatawan serta perekonomian di Kabupaten Pesawaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat kepentingan dan kepuasan wisatawan terhadap sarana dan prasarana wisata di Kawasan Strategis Pariwisata Daerah Teluk Pandan. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner kepada 100 responden yang berada pada Pantai Mutun dan Sari Ringgung. Sampel diambil dengan teknik accidental sampling. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dengan teknik analisis data yang digunakan yaitu metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Potential Gain Costumer Value (PGCV) untuk mengetahui urutan prioritas perbaikan atribut sarana dan prasarana. Hasil dari penelitian ini adalah wisatawan merasa puas dengan sarana dan prasarana yang tersedia pada Pantai Mutun dan Sari Ringgung. Atribut sarana dan prasarana Pantai Mutun yang memiliki tingkat kepentingan tinggi dengan kinerja yang rendah merupakan prioritas utama dalam melakukan peningkatan. Atribut tersebut yaitu ketersediaan sarana keamanan pada daya tarik wisata, ketersediaan papan informasi menuju daya tarik wisata, kondisi fisik jalan menuju daya tarik wisata, dan lebar jalan menuju daya tarik wisata. Sedangkan pada Pantai Sari Ringgung prioritas utama dalam melakukan peningkatan yaitu ketersediaan telekomunikasi (signal), ketersediaan papan petunjuk arah, ketersediaan sarana keamanan, kondisi fisik jalan menuju daya tarik wisata, ketersediaan listrik, ketersediaan tempat parkir, kemudahan akses jalan menuju daya tarik wisata, ketersediaan pusat informasi, ketersediaan papan informasi, fasilitas tempat parkir, ketersediaan air di toilet umum, pencahayaan pada toilet umum, dan kebersihan toilet umum. Kata Kunci: Kepuasan wisatawan, Sarana dan Prasarana Wisata, IPA, PGCV

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2212230003

Keyword