(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Implementasi Konsep Pelabuhan Hijau di Pelabuhan Panjang Melalui Optimasi Peran Stakeholder


Pada 2019 Pelabuhan Panjang telah diresmikan oleh PT Pelindo II sebagai pelabuhan hijau. Namun, belum memiliki dokumen legal terkait status pelabuhan panjang sebagai pelabuhan hijau. Hal ini sejalan dengan pemangku kepentingans yang tersedia di Pelabuhan Panjang belum memenuhi syarat sebagai pemangku kepentingans pelabuhan hijau untuk mewujudkan pelabuhan berkelanjutan. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi implementasi konsep pelabuhan hijau di Pelabuhan Panjang melalui optimasi peran pemangku kepentingan. Adapun sasaran pertama yaitu mengidentifikasi pemangku kepentingans dan perannya dalam pengelolaan dan pengembangan Pelabuhan Panjang menggunakan analisis deskriptif. Sasaran kedua yaitu mengklasifikasikan hierarki pemangku kepentingans dalam pengelolaan dan pengembangan Pelabuhan Panjang menggunakan analisis pemangku kepentingan. Sasaran ketiga yaitu mengidentifikasi menganalisis keoptimalan hubungan pemangku kepentingan dalam implementasi pelabuhan hijau di Pelabuhan Panjang menggunakan analisis deskriptif. Sasaran keempat yaitu menganalisis tingkat ketercapaian implementasi konsep pelabuhan hijau di Pelabuhan Panjang menggunakan analisis GAP. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa pemangku kepentingan yang terlibat pada pengelolaan dan pengembangan Pelabuhan Panjang belum memenuhi standar pemangku kepentingan untuk mewujudkan pelabuhan berkelanjutan karena tidak adanya peran serta masyarakat. Hubungan yang terjalin dalam kerja sama antar pemangku kepentingans pun masih terdapat cukup banyak kekurangan yang ada seperti kurangnya keterlibatan pemangku kepentingan yang dibutuhkan dan terdapat ketimpangan peran pemangku kepentingan. Hubungan antar pemangku kepentingans yang belum optimal tersebut berbanding lurus dengan tingkat ketercapaian implementasi pelabuhan hijau di Pelabuhan Panjang yang masih rendah. Oleh sebab itu dapat dikatakan bahwa hubungan pemangku kepentingans yang ada di Pelabuhan Panjang belum optimal dalam mengimplementasikan konsep pelabuhan hijau di Pelabuhan Panjang.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2212090002

Keyword