(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Kajian Rekayasa Lalu Lintas pada Persimpangan Tak Bersinyal dengan Model Greenshields (Studi Kasus: Jln. Urip Sumoharjo-Jln. Ki Maja)


Persimpangan tak bersinyal yang menyebabkan beberapa titik konflik antar kendaraan pada penelitian ini berlokasi di persimpangan Jalan Urip Sumoharjo dengan Jalan Ki Maja. Untuk mencegah terbentuknya titik konflik, perlu dilakukan rekayasa lalu lintas rekayasa buka tutup jalan. Penilitian ini bertujuan mengetahui model matematis dengan model Greenshields pada lalu lintas persimpangan, menyimulasikan panjang antrean dari rekayasa buka tutup jalan pada persimpangan, serta menentukan waktu simulasi yang optimal dari rekayasa buka tutup jalan. Simulasi rekayasa buka tutup jalan yang optimal dan tidak menimbulkan titik konflik (diantara tiga simulasi 30:30, 45:15, 40:20) yaitu dengan perbandingan 40:20. Panjang antrean yang terjadi dengan simulasi 40:20 adalah 29 meter pada hari kerja (Rabu) dan 28,7 meter pada hari libur (Sabtu) di ruas Jalan Urip Sumoharjo 1, serta 63,9 meter di hari kerja (Rabu) dan 56,3 meter di hari libur (Sabtu) pada ruas Jalan Ki Maja. Kata kunci: Persimpangan tak bersinyal, Rekayasa lalu lintas buka tutup jalan, Model Greenshields, Panjang antrean.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2208310023

Keyword