(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS (STUDI KASUS LAMPUNG CITY SUPERBLOCK)


ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS (STUDI KASUS LAMPUNG CITY SUPERBLOCK) Oleh YOSEPH GABRYEL PASARIBU NIM. 21116019 Program Studi Teknik Sipil Jurusan Teknologi Infratruktur dan Kewilayahan @yosephgabryel1@gmail.com Pembangunan Lampung City Superblock merupakan sebuah penambahan tata guna lahan baru pada wilayah komersial dikota Bandar Lampung. Pembangunan ini dapat menyebabkan peningkatan volume lalu lintas dan penurunan kinerja lalu lintas. Situasi tersebut memunculkan dampak lalu lintas yang perlu dikaji guna menyelesaikan permasalahan yang ada. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Analisis dalam kondisi eksisting, Analisis terhadap kondisi setelah pembangunan yang telah ditambahkan beban lalu lintas berupa bangkitan dan tarikan yang dihasilkan, dan Analisis berupa penanganan masalah yang akan diusulkan. Analisis dikhususkan pada ruas jalan, simpang tak bersinyal dan simpang bersinyal yang terdampak oleh pembangunan. Untuk mendapatkan nilai bangkitan dan tarikan dipergunakan nilai bangkitan dan tarikan pada studi kasus terdahulu dengan tata guna lahan yang sejenis. Data masukan yang digunakan dalam analisis ini didapatkan dari survei traffic counting, survei fase sinyal dan geometrik. Pada kondisi eksisting, hasil analisis yang didapatkan dari kinerja ruas dan simpang masih dinilai baik. Hal ini ditandai dengan nilai derajat kejenuhan yang tidak lebih dari 1 serta nilai tundaan yang masih dalam kategori Level Of Service B. Tetapi kondisi setelah bangunan beroperasi dengan adanya pembebanan tambahan pada ruas dan simpang maka terjadi peningkatan volume lalu lintas yang membuat kinerja lalu lintas memburuk. Hal ini dapat dilihat dengan peningkatan derajat kejenuhan dan nilai tundaan yang semakin meningkat. Semua hal tersebut membutuhkan solusi untuk mengurangi dampak lalu lintas yang terjadi. Solusi yang ditawarkan adalah upaya manajemen lalu lintas yang lebih baik demi menjamin keamanan dan kenyamanan pengguna jalan. Kata Kunci: Derajat Kejenuhan, Bangkitan dan Tarikan, Tundaan

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2208290056

Keyword