(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Pengaruh Kuat Arus Terhadap Struktur Mikro dan Kekerasan pada Hardfacing Rel Kereta R-54 Regional Tanjung Karang dengan Metode SMAW


Rel Kereta sangat rentan terhadap keausan, hal ini terjadi karena gesekan antara rel dan roda kereta. Salah satu cara untuk mengurangi atau menghambat terjadinya keausan adalah Hardfacing. Hardfacing bertujuan untuk meningkatkan kekerasan permukaan pada base metal. Kekerasan material berbanding lurus terhadap ketahanan aus. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komposisi kimia Rel Kereta dan Elektroda HV-600, menganalisis struktur mikro setelah proses hardfacing dengan variasi arus yang berbeda, serta menganalisi nilai kekerasan setelah proses hardfacing. Hasil dari penelitian menunjukan permukaan Rel kereta R-54 regional Tanjung karang merupakan baja karbon tinggi, dan elektroda HV-600 merupakan baja karbon tinggi dengan kekerasan, ketahanan terhadap korosi, ketahanan aus dan abrasi yang tinggi. Pada Lapisan Hardfacing, Struktur mikro yang terbentuk yaitu Martensite dan Ferrite. Sedangkan struktur mikro yang terbentuk pada lapisan HAZ, dan Base Metal yaitu fine pearlite (Pearlite Halus) dan coarse peralite (Pearlite Kasar). Nilai kekerasan meningkat seiring dengan arus pengelasan yang digunakan. Pada lapisan Hardfacing nilai kekerasan tertinggi yaitu 825 HV dengan arus pengelasan yang digunakan 130 A. Sedangkan kekerasan awal rel kereta R-54 regional Tanjung Karang yaitu 401 HV.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2208290008

Keyword