(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

PENGARUH RASIO KOMPRESI RUANG BAKAR DAN PENDINGINAN TEMPERATURE INTAKE TERHADAP PERFORMA PADA KENDARAAN BERMOTOR TIPE CRF150L


Kebutuhan masyarakat terhadap performa motor yang dimiliki merupakan hal yang dipertimbangkan pada era ini. Salah satu cara untuk meningkatkan performa dengan cara yang mudah yaitu menaikkan rasio kompresi ruang bakar dan mendinginkan temperatur udara intake. Pengujian perubahan variasi rasio kompresi serta mendinginkan temperatur udara yang masuk ke intake bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh performa yang dihasilkan oleh kendaraan setelah dilakukan perubahan rasio kompresi dan pendinginan temperatur intake. Untuk meningkatkan rasio kompresi dapat dilakukan dengan melepas paking dan proses pembubutan permukaan dari cylinder component, lalu mengukurnya dengan memasukkan cairan bensin dari burret ke ruang bakar melalui lubang busi. Untuk mendinginkan temperatur udara intake dapat mengubah saringan udara di kotak saringan menjadi radiator 80- 90mm berisi cairan pendingin. Hasilnya dengan meningkatkan rasio kompresi serta pendinginan udara intake menghasilkan power maksimum kendaraan yang dihasilkan menjadi sebesar 15.44 hp atau meningkat sebesar ± 3.5 hp dari standar motor tersebut dan torsi maksimum sebesar 15.27 N.m atau meningkat sebesar ± 3.0 N.m dari standarnya. Hasil ini menunjukan rasio kompresi yang lebih tinggi serta temperatur udara intake yang lebih rendah dapat meningkatkan performa motor yang mana dalam hal ini yaitu power dan torsi. Kata kunci: performa, melepas paking, pembubutan, power, torsi.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2208260030

Keyword