PENGARUH RASIO KOMPRESI RUANG BAKAR DAN PENDINGINAN TEMPERATURE INTAKE TERHADAP PERFORMA PADA KENDARAAN BERMOTOR TIPE CRF150L
Kebutuhan masyarakat terhadap performa motor yang dimiliki merupakan hal yang
dipertimbangkan pada era ini. Salah satu cara untuk meningkatkan performa dengan
cara yang mudah yaitu menaikkan rasio kompresi ruang bakar dan mendinginkan
temperatur udara intake. Pengujian perubahan variasi rasio kompresi serta
mendinginkan temperatur udara yang masuk ke intake bertujuan untuk mengetahui
seberapa besar pengaruh performa yang dihasilkan oleh kendaraan setelah dilakukan
perubahan rasio kompresi dan pendinginan temperatur intake. Untuk meningkatkan
rasio kompresi dapat dilakukan dengan melepas paking dan proses pembubutan
permukaan dari cylinder component, lalu mengukurnya dengan memasukkan cairan
bensin dari burret ke ruang bakar melalui lubang busi. Untuk mendinginkan temperatur
udara intake dapat mengubah saringan udara di kotak saringan menjadi radiator 80-
90mm berisi cairan pendingin. Hasilnya dengan meningkatkan rasio kompresi serta
pendinginan udara intake menghasilkan power maksimum kendaraan yang dihasilkan
menjadi sebesar 15.44 hp atau meningkat sebesar ± 3.5 hp dari standar motor tersebut
dan torsi maksimum sebesar 15.27 N.m atau meningkat sebesar ± 3.0 N.m dari
standarnya. Hasil ini menunjukan rasio kompresi yang lebih tinggi serta temperatur
udara intake yang lebih rendah dapat meningkatkan performa motor yang mana dalam
hal ini yaitu power dan torsi.
Kata kunci: performa, melepas paking, pembubutan, power, torsi.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2208260030
Keyword