(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

ANALISIS HUBUNGAN KUALITAS DAN KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA POLDA LAMPUNG


Sistem Infomasi Manajemen (SIM) merupakan salah satu manajemen pendukung di Instalasi Farmasi Rumah Sakit (IFRS) terutama dalam proses pengelolaan obat yang efektif dan efisien serta pengambilan keputusan yang taktis terkait optimalisasi layanan kefarmasian. Kesuksesan implementasi SIM dapat dikur berdasarkan kepuasan penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil pengguna dan hubungan antara kualitas informasi, kualitas sistem dan kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna SIM di IFRS Bhayangkara Polda Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik observasional dengan metode survei menggunakan kuesioner yang diberikan pada seluruh staf IFRS sebagai subyek uji. Analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dilanjutkan dengan uji korelasi. Penelitian dilakukan pada bulan Mei 2022 dengan jumlah sampel sebanyak 12 orang responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa profil pengguna SIM di IFRS Bhayangkara Polda Lampung didominasi oleh staf dengan kelompok usia 21-25 tahun sebanyak 41,66%, jenis kelamin perempuan sebanyak 83,32%, pendidikan D3 dan S1 sebanyak 41,66%, dan lama bekerja >3 tahun sebanyak 58,32%. Terdapat hubungan yang sangat kuat antara kualitas informasi dan kualitas layanan dengan kepuasan pengguna dan terdapat hubungan dengan tingkat sedang antara kualitas sistem dengan kepuasan pengguna.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2208240095

Keyword