ANALISIS HUBUNGAN KUALITAS DAN KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA POLDA LAMPUNG
Sistem Infomasi Manajemen (SIM) merupakan salah satu manajemen pendukung
di Instalasi Farmasi Rumah Sakit (IFRS) terutama dalam proses pengelolaan obat
yang efektif dan efisien serta pengambilan keputusan yang taktis terkait
optimalisasi layanan kefarmasian. Kesuksesan implementasi SIM dapat dikur
berdasarkan kepuasan penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
profil pengguna dan hubungan antara kualitas informasi, kualitas sistem dan
kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna SIM di IFRS Bhayangkara Polda
Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik observasional dengan
metode survei menggunakan kuesioner yang diberikan pada seluruh staf IFRS
sebagai subyek uji. Analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif
dilanjutkan dengan uji korelasi. Penelitian dilakukan pada bulan Mei 2022 dengan
jumlah sampel sebanyak 12 orang responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa
profil pengguna SIM di IFRS Bhayangkara Polda Lampung didominasi oleh staf
dengan kelompok usia 21-25 tahun sebanyak 41,66%, jenis kelamin perempuan
sebanyak 83,32%, pendidikan D3 dan S1 sebanyak 41,66%, dan lama bekerja >3
tahun sebanyak 58,32%. Terdapat hubungan yang sangat kuat antara kualitas
informasi dan kualitas layanan dengan kepuasan pengguna dan terdapat hubungan
dengan tingkat sedang antara kualitas sistem dengan kepuasan pengguna.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2208240095
Keyword