(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

PENGEMBANGAN APLIKASI BUDAYA BATAK SIMALUNGUN MENGGUNAKAN MARKERLESS AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID


PENGEMBANGAN APLIKASI BUDAYA BATAK SIMALUNGUN MENGGUNAKAN MARKERLESS AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDORID Muhammad Irpansyah Damanik 14116058 Siswa-siswi yang belajar mata pelajaran bahasa aksara simalungun pada 3 sekolah yaitu SDN 096758 Taratak Nagodang, MIS Al Washliyah Huta Bayu dan SDN 097815 Simpang Dua memiliki minat yang tinggi. Namun sayangnya media pengajaran seperti buku paket mengenai Bahasa Aksara Simalungun yang disediakan oleh sekolah sangat minim. Hal ini membuat siswa-siswi cukup kesulitan untuk belajar mata pelajaran bahasa aksara Simalungun. Penelitian ini dilakukan untuk membangun aplikasi berbasis android dengan metode markerless augmented reality. Menggukanan SDK Vuforia yang di import ke aplikasi Unity 3D untuk pembuatan aplikasi yang dapat menampilkan model 3D. Menggunakan Software blender untuk pembuatan model 3D. Penerapan metode markerless augmented reality pada aplikasi budaya batak simalungun berbasis android telah berhasil dibuat dengan fitur budaya batak, pakaian adat, alat musik, rumah adat, kerajinan tangan dan sejarah batak. Pengujian black box terdapat 15 tindakan pengujian dan semua berhasil dilakukan sesuai hasil yang diharapkan. Pengujian objek tracking yaitu objek polos dengan serta objek beragam warna dan corak. Model 3D akan muncul jika objek tracking memiliki titik-titik atau sudut-sudut yang dapat dideteksi oleh metode markerless augmented reality seperti tumbuhan, buku dan sajadah bukan terhadap objek tracking polos seperti objek kertas wana merah, hitam dan putih. Pengujian kelayakan dengan pengujian usability testing dilakukan terhadap 30 responden dengan 10 guru dan 20 siswa-siswa menghasilkan nilai intepretasi nilai sebesar 90

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2208240010

Keyword