(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Analisis dan Perbaikan Rancangan Ui/Ux pada Aplikasi Mobile OKEBOS menggunakan Metode Design Sprint


OKEBOS adalah perusahaan starup di lampung berbasis aplikasi mobile yang memiliki 8 layanan fitur utama yaitu antar barang, transportasi online, pemesanan jasa pijat, antar makanan/minuman serta menyediakan jasa servis yang bersedia untuk datang ke rumah pelanggan. Berdasarkan hasil Preliminary Research dan evaluasi awal yang diuji kepada 8 responden ditemukan permasalahan utama dari segi User Interface dan User Experience, permasalahan tersebut diantaranya konsistensi, tampilan UI serta beberapa permasalahan pada saat penggunaan aplikasi OKEBOS. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti ingin melakukan perancangan UI/UX pada aplikasi android OKEBOS dengan menggunakan metode Design Sprint yang terdiri dari 5 tahapan yaitu understand, deverge atau sketch, converge, prototype dan validate. Pada tahap-tahap ini akan dilakukan perbaikan beberapa fitur yang bermasalah dan dilakukan evaluasi perbandingan antara usability aplikasi OKEBOS dan usability redesign yang telah penulis buat, evaluasi yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan metode evaluasi oleh Jacob Nielsen yang mengukur 5 aspek yaitu Learnability, Efficiency, Memorability, Errors dan Satisfaction dengan pengukuran SUS score untuk mengukur tingkat persepsi yang mehasilkan rata-rata meningkat dari 45.94 dengan kategori ‘Not Acceptable’, grade‘F’ dan peringkat adjective ‘Poor’ menjadi 81.56 dengan kategori ‘Acceptable’ grade ‘B’ dan peringkat adjective ‘Exellent’. Hasil penelitian ini yaitu prototype tampilan login, registrasi, beranda, bos kuliner, page pemesanan, fitur bos toko, bantuan dan isi saldo.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2208220002

Keyword