(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI LAYANAN PENGUJIAN SAMPEL PELANGGAN BERBASIS WEB (STUDI KASUS : KANTOR SYSLAB CABANG LAMPUNG)


Syslab adalah perusahaan terbatas nasional (Perseroan Terbatas) yang mengkhususkan diri dalam pengujian dan layanan laboratorium tingkat lanjut. Dalam pelayanannya kepada pelanggan, pendataan dan komunikasi masih belum melalui satu pintu. Pendataan, penginputan, dan penyesuaian format masih dilakukan secara manual melalui word dan excel yang nantinya dokumen – dokumen tersebut tersimpan pada penyimpanan perangkat seperti hardisk atau flashdisk. Pendataan yang masih manual ini dapat menyulitkan customer service atau yang bisa dikenal CS dalam melayani pelanggan terkait informasi sampel karena harus mencari data yang diperlukan secara satu per satu di folder komputer. Selain itu, CS juga perlu menyesuaikan format SOP perusahaan dalam mengajukan sampel dengan format CSI Syslab yang dapat memakan waktu cukup lama. Proses yang seperti ini dapat menyebabkan keterhambatan pelayanan kepada pelanggan dan kurangnya loyalitas pelanggan terhadap perusahaan. Berdasarkan permasalahan yang ada, penulis mengusulkan suatu sistem informasi pengajuan sampel pelanggan berbasis web. Implementasi sistem dengan memanfaatkan pengembangan metodologi modified waterfall diharapkan dapat menyelesaikan masalah – masalah tersebut. Sistem ini memiliki output pendataan, penginputan, generate dokumen menjadi pdf, dan penyimpanan dokumentasi pada fitur cloud storage. Penulis dalam melakukan pengujian fungsionalitas sistem menggunakan black box testing dan pengujian pengguna menggunakan beta testing (UAT). Hasil pengujian black box adalah semua skenario berhasil diuji dengan hasil valid. Pengujian pengguna menggunakan beta testing (UAT) menghasilkan skor perhitungan 80% hingga 100

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2208090022

Keyword