(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Evaluasi Usability Pada Website E-learning di Institut Teknologi Sumatera


Usability merupakan aspek penting untuk menilai kualitas interface website yang dilihat dari sisi user yang memakainya. Website e-learning ITERA merupakan website yang digunakan mahasiswa ITERA dalam melakukan pembelajaran online. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat usability dan memberikan rekomendasi perbaikan tampilan pada website e-learning ITERA. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan kuesioner USE dan pengujian Retrospective Think Aloud (RTA) dengan teknik pengolahan data yaitu performance measurement. Penelitian ini akan berfokus pada indikator usability yaitu effectiveness, efficiency, learnability, memorability, error, usefulness, ease of use, ease of learning, dan satisfaction terhadap pengguna. 119 sampel mahasiswa teknik industri ITERA angkatan 2021 digunakan untuk pengisian kuesioner USE dan 15 partisipan untuk pengujian RTA. Berdasarkan pengisian kuesioner USE rata-rata mean seluruh variabel yaitu 4,049. Hasil analisis pengujian usability dengan metode RTA dan performance measurement pada website e-learning ITERA didapatkan nilai effectiveness sebesar 91%, effciency sebesar 0,097 goal/detik, learnability sebesar 84%, memorability sebesar 90%, dan error sebesar 14%. Rekomendasi perbaikan pada tampilan website e-learning ITERA dilakukan pada halaman site home berdasarkan keluhan partisipan dan eight golden rules. Kata kunci: Kuesioner USE, Retrospective Think Aloud, Website E-learning ITERA

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2208040003

Keyword