(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

ANALISIS PENGARUH VARIASI UKURAN LUBANG SAMBUNGAN PADA REL KERETA API TIPE R-54 DAN R-60 MENGGUNAKAN FINITE ELEMENT ANALYSIS (FEA)


Rel kereta memiliki lubang yang berfungsi sebagai lubang sambungan. Adanya beban yang diberikan pada rel menyebabkan respon tegangan yang terjadi pada lubang rel sehingga menyebabkan terjadinya patah pada lubang sambungan rel. Penelitian ini bertujuan melakukan pemodelan pembebanan pada rel, megetahui pengaruh jenis elemen tetahedral quadratic dan tetahedral linear, mengetahui nilai tegangan dan displacement pada kondisi konvergensi, dan mengetahui pengaruh ukuran lubang terhadap respon tegangan dan displacement pada rel tipe R54 dan R60. Analisis dilakukan dengan proses simulasi finite element analysis (FEA), menggunakan software abaqus dan menggunakan elemen tetahedral quadratic dan tetahedral linear. Simulasi ini menggunakan variasi pembebanan pressure dan coupling kinematic. Hasil simulasi yang didapat menunjukan pemodelan dengan pembebanan nilai eror terendah pada tegangan, didapat pada coupling cinematic dengan elemen tetahedral linear. Nilai tegangan pada satu titik lubang dengan tegangan terbesar pada tipe R54 ada pada diameter 28 mm pada variasi lubang di samping pembebanan dengan nilai 48,82 MPa dan untuk tipe R60 didapat pada diameter 28 lubang di samping beban yaitu 43,43 MPa. Nilai displacement, didapat nilai terbesar ada pada variasi lubang di samping beban dengan diameter 38 mm untuk tipe R54 dan R60. Desain rel memiliki nilai safety factor pada semua variasi dengan nilai safety factor sebesar 5.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2208040001

Keyword