(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

REVITALISASI PASAR SHOPPING CENTER METRO


Proyek perancangan Revitalisasi Shopping Center Metro memiliki luas lahan sebesar 11.350 m2. Proyek ini merupakan proyek yang di garap oleh suatu perusahaan yang bekerja sama dengan pemerintah provinsi daerah kota metro yang bertujuan untuk mengembangkan pasar yang terkesan kumuh dan kotor menjadi lebih baik citranya, dengan mempertahankan segenap ciri khas dari pasar tradisional yaitu cara bertransaksi dan lokalitas dari budaya daerah tersebut, pada sebelumnya bangunan eksisting di pasar ini terdapat 2 lantai akan tetapi yang aktif hanya lantai satu saja. Terdapat beberapa isu dalam lokasi proyek pasar antara lain, bangunan yang kurang terawat, bangunan yang desainnya kurang menarik, pasar yang sepi pengunjung, terdapat banyak pedagang liar, dan lingkungan yang terkesan kumuh, dari isu tersebut dilakukan perancangan upaya untuk menanggulangi isu tersebut. Dengan melakukan perbaikan fisik pada tapak terlebih dahulu dan tetap menghargai kebudayaan masyarakat setempat, pada massa bangun Pasar ini mengimplementasikan konsep Modern dan Lokalitas pada rancangan fasad berbentuk rumah ada Lampung yaitu nuwwo sesat akan tetapi di abstraksikan menjadi bentuk massa yang lebih modern dengan penggunaan konstruksi dan struktur yang modern juga, di harapkan konsep tersebut dapat menciptakan bangunan yang lebih baik dari sebelumnya, dan menarik kaum muda – mudi kota Metro. Agar menarik para pengunjung pasar metro ini diberi nama “Dawa Agas Jejama” yang berasal dari Bahasa Lampung yang mempunyai arti bersih dan nyaman untuk bersama. Kata kunci : Pasar, Revitalisasi, pasar modern, lokalitas, arsitektur modern dan tradisional.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2206290013

Keyword