Revitalisasi Shopping Center Kota Metro
Perancangan Revitalisasi Shopping Center Kota Metro memiliki luas area yang dirancang 11.350 m2
.
Digagas oleh sebuah perusahaan pengembang yang bekerja sama dengan pemerintah Kota Metro,
sehingga nama pasar sebelumnya diganti menjadi Pasar Wawai Agung Kota Metro yang bertujuan
memperkuat identitas lokal. Tujuan proyek revitalisasi ini ialah menciptakan pasar yang bersih dan
juga menyenangkan, namun tetap mempertahankan ciri khas pasar tradisional yaitu transaksi
langsung antara penjual dan pembeli. Bangunan terdiri dari dua lantai dengan jumlah massa tiga
bangunan yang saling terkoneksi oleh jembatan penghubung dan tanaman di sekelilingnya. Isu
permasalahan yang ada di dalam pasar sebelumnya yaitu pasar yang sepi pengunjung, pengaturan
parkir yang kurang tertata, bangunan yang kurang baik, pasar yang terkesan kotor, dan lahan di dalam
dan sekitar pasar yang banyak pedagang liar sehingga pasar ini tidak berjalan secara efektif dari segi
fungsi dan penggunaan lahan. Proyek ini menerapkan aspek modern dari segi pengelolaan dan fasilitas
yang ada di dalam bangunan, menyesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan yang ada agar
menciptakan pasar yang bersih dan menyenakkan. Untuk mempertahankan kearifan lokal yang ada
pendekatan arsitektur berbasis lokalitas diterapkan pada konsep bangunan, penerapan lokalitas yang
diterapkan dilakukan dengan sesuai perkembangan jaman agar lebih dapat diterima oleh masyarakat
luar.
Kata kunci: Kota Metro, revitalisasi, pasar modern, lokalitas.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2206290006
Keyword