(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Analisis Kepadatan Lalu Lintas Simpang Bersinyal dengan Metode Grafik pada Fenomena Shock Wave (Studi Kasus: Jalan Urip Sumoharjo (Bypass) - Jalan Endro Suratmin)


Salah satu rekayasa jalan yang biasa digunakan pada persimpangan lalu lintas adalah dengan menerapkan sinyal lampu lalu lintas. Simpang bersinyal pada studi kasus ini yaitu Jalan Urip Sumoharjo – Endro Suratmin, merupakan jalan lokal yang terhubung dengan jalan arteri nasional yaitu Bypass Lintas Sumatera. Proporsi siklus lampu lalu lintas saat ini memprioritaskan ruas jalan Bypass sehingga dapat menimbulkan kemacetan atau antrean pada ruas jalan lokal pada saat jam sibuk. Penelitian ini fokus pada penentuan model matematis kepadatan lalu lintas menggunakan model Greenshields dan Underwood. Simulasi panjang antrean satu ruas jalan dilakukan berdasarkan shock wave dan shock path yang terbentuk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa panjang antrean yang terbentuk dengan model Greenshields menghasilkan antrean yang lebih panjang dari model Underwood. Simulasi model Greenshields sesuai untuk diterapkan pada ruas jalan simpang bersinyal (dan sebidang) yang sibuk. Sedangkan model Underwood sesuai untuk kepadatan lalu lintas pada persimpangan tersebut jika diberlakukan rekayasa simpang tak sebidang.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2206160108

Keyword