(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan terhadap Kualitas Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Daerah dr. A. Dadi Tjokrodipo Kota Bandar Lampung


Mutu kesehatan pasien berkaitan dengan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian. IFRS rumah sakit harus memastikan bahwa pasien merasa puas terhadap pelayanan kefarmasian agar tercapai kesehatan yang bermutu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan tingkat kepuasaan pasien rawat jalan terhadap kualitas pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSD dr. A. Dadi Tjokrodipo. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental dengan rancangan observasional yang bersifat deskriptif. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling 100 responden pasien rawat jalan. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner lima dimensi ServQual yang dilanjutkan dengan analisis kesenjangan (gap) dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian menunjukan hasil yang memuaskan pada dimensi tangible, assurance, empathy, responsiveness dengan nilai gap berturut-turut adalah 0,14; 0,12; 0,11; 0,09, hasil kurang puas diperoleh pada dimensi reliability dengan nilai gap bernilai negatif (-10). Kata kunci: tingkat kepuasan pasien; pelayanan kefarmasian; kualitas pelayanan; servqual; rumah sakit.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2206140002

Keyword