(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA POLDA LAMPUNG


Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Bhayangkara Polda Lampung Faqih Hilan Miladi 118260069 Pembimbing apt. Irfanianta Arif Setyawan, M. Sc. apt. Kiki Yuli Handayani, M.Pharm. Sci ABSTRAK Pelayanan kefarmasian adalah pelayanan yang berkaitan dengan sediaan farmasi yang akan diberikan kepada pasien dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien. Tingkat kualitas sebuah pelayanan dapat dilihat dari lima dimensi service quality (responsiveness, reliability, tangible, assurance, dan empathy). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran karakteristik pasien, tingkat kepuasan pasien, dan tingkat kepentingan kinerja dari lima dimensi service quality terhadap pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Bhayangkara Polda Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian analitik noneksperimental dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Penelitian ini menggunakan data primer yang didapatkan dengan memberikan kuesioner berupa pertanyaan tertutup kepada 100 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan analisis gap dan analisis kepentingan kinerja menggunakan diagram kartesius. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden didominasi pasien dengan usia 26-35 tahun (32%), jenis kelamin perempuan (59%), pekerjaan PNS/TNI/POLRI/Pensiunan (34%), pendidikan akademi/perguruan tinggi (47%), dan pasien dengan jumlah kunjungan lebih dari 5 kali (57%). Hasil rata-rata gap pada dimensi responsiveness, reliability, tangible, assurance, dan empathy secara berurutan adalah 0,17; 0,16; 0,06 ; 0,09; 0,23 yang berarti pasien puas terhadap pelayanan yang diberikan. Analisis kepentingan kinerja menunjukkan dimensi responsiveness, reliabilit, empathy masuk dalam kuadran II sedangkan tangible, assurance masuk pada kuadran III. Kata kunci : Pelayanan Kefarmasian; Service Quality, Rawat Jalan, Rumah Sakit Bhayangkara Polda Lampung

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2206110001

Keyword