(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Analisis dan Perbaikan Usability Aplikasi PLN Mobile dengan Metode Usability Testing (Studi Kasus : PLN UP3 Tanjung Karang)


Penelitian ini berujuan untuk melakukan evaluasi kemudahpakaian pengguna pada aplikasi PLN Mobile dan memberikan rekomendasi perbaikan. Dimensi kemudahpakaian yang dievaluasi meliputi learnability, errors, satisfaction, dan efficiency. Metode evaluasi yang digunakan ialah Usability Testing dan System Usability Scale untuk penilaian kepuasan pengguna. Usability testing dilakukan dengan memberikan tujuh task scenario yang dirancang berdasarkan proses bisnis kepada 20 partisipan. Selama usability testing berlangsung peneliti akan menghitung tingkat keberhasilan, waktu pengerjaan dan jumlah kesalahan partisipan. Setelah usability testing dilaksanakan partisipan akan diberikan kuesioner kepuasan yaitu Usability Scale. Berdasarkan usability testing yang dilakukan pada aplikasi PLN Mobile didapatkan tingkat learnability sebesar 96,4% , errors sebesar 6,79% , satisfaction sebesar 58 dan efficiency sebesar 0,03 goals/sec. Rekomendasi perbaikan pada User Interface beranda, notifikasi dan proses transaksi serta perbaikan pada proses bisnis aplikasi PLN Mobile. Kata kunci : Usability Testing, System Usability Scale, PLN Mobile

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2206100063

Keyword