IMPLEMENTASI IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS UNTUK  MENGIDENTIFIKASI TINGKAT KUALITAS LAYANAN INDUSTRI  PERHOTELAN PADA MASA NEW NORMAL (Studi Kasus: Aston Lampung City Hotel)
		
		
		
			Industri pariwisata mengalami penurunan jumlah wisatawan yang disebabkan oleh 
munculnya Covid-19 di tahun 2020. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia 
mengeluarkan aturan new normal untuk mengubah pola hidup masyarakat. Salah 
satu dampak dari Covid-19 adalah Aston Lampung City Hotel yang tingkat 
penghunian kamarnya menurun. Sehingga dilakukan penelitian menggunakan 
Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengidentifikasi kualitas layanan 
hotel dan mencari usulan perbaikan untuk meningkatkan kualitas pelayanan hotel 
dan meningkatkan kembali tingkat penghunian kamar. Penelitian ini menggunakan 
400 tamu hotel yang menginap untuk mengisi kuesioner penilaian dimensi kualitas 
pelayanan berdasar kinerja dan harapan tamu. Pengolahan data penelitian 
menghasilkan diagram kartesius dengan 3 atribut pada kuadran I, 11 atribut pada 
kuadran II, 1 atribut pada kuadran III, dan 10 atribut pada kuadran IV. Performansi 
kualitas pelayanan yang diperoleh belum memuaskan para tamu dan diperlukan 
perbaikan. Prioritas perbaikan dilakukan pada kuadran I, yaitu kinerja atribut 
keunikan fasilitas hotel, ketersediaan fasilitas prokes, dan pemakaian tanda divaksin 
di pakaian staf. Perbaikan yang diusulkan adalah pemberian hadiah sambutan
selamat datang, pengubahan tampilan interior hotel sesuai dengan tren dan ornamen 
budaya Lampung, mengganti fasilitas fisik hotel yang rusak dan sudah tampak tua, 
dan penambahan pin bertuliskan telah divaksin pada pakaian staf hotel.
 
			URI 
			
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2206090032 
			Keyword