(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

IMPLEMENTASI IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS UNTUK MENGIDENTIFIKASI TINGKAT KUALITAS LAYANAN INDUSTRI PERHOTELAN PADA MASA NEW NORMAL (Studi Kasus: Aston Lampung City Hotel)


Industri pariwisata mengalami penurunan jumlah wisatawan yang disebabkan oleh munculnya Covid-19 di tahun 2020. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia mengeluarkan aturan new normal untuk mengubah pola hidup masyarakat. Salah satu dampak dari Covid-19 adalah Aston Lampung City Hotel yang tingkat penghunian kamarnya menurun. Sehingga dilakukan penelitian menggunakan Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengidentifikasi kualitas layanan hotel dan mencari usulan perbaikan untuk meningkatkan kualitas pelayanan hotel dan meningkatkan kembali tingkat penghunian kamar. Penelitian ini menggunakan 400 tamu hotel yang menginap untuk mengisi kuesioner penilaian dimensi kualitas pelayanan berdasar kinerja dan harapan tamu. Pengolahan data penelitian menghasilkan diagram kartesius dengan 3 atribut pada kuadran I, 11 atribut pada kuadran II, 1 atribut pada kuadran III, dan 10 atribut pada kuadran IV. Performansi kualitas pelayanan yang diperoleh belum memuaskan para tamu dan diperlukan perbaikan. Prioritas perbaikan dilakukan pada kuadran I, yaitu kinerja atribut keunikan fasilitas hotel, ketersediaan fasilitas prokes, dan pemakaian tanda divaksin di pakaian staf. Perbaikan yang diusulkan adalah pemberian hadiah sambutan selamat datang, pengubahan tampilan interior hotel sesuai dengan tren dan ornamen budaya Lampung, mengganti fasilitas fisik hotel yang rusak dan sudah tampak tua, dan penambahan pin bertuliskan telah divaksin pada pakaian staf hotel.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2206090032

Keyword