(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

ANALISIS KARAKTERISTIK LALU LINTAS DENGAN PEMODELAN GREENSHIELDS, GREENBERG, DAN UNDERWOOD (STUDI KASUS JALAN SULTAN AGUNG BANDAR LAMPUNG DAN JALAN RATU DIBALAU BANDAR LAMPUNG)


ANALISIS KARAKTERISTIK LALU LINTAS DENGAN PEMODELAN GREENSHIELDS, GREENBERG, DAN UNDERWOOD (STUDI KASUS JALAN SULTAN AGUNG BANDAR LAMPUNG DAN JALAN RATU DIBALAU BANDAR LAMPUNG) Oleh Salisa Rahmah NIM.21116031 Program Studi Teknik Sipil Jurusan Teknologi Insfrastruktur dan Kewilayahan Kinerja dari sebuah ruas Jalan dapat ditentukan berdasarkan kecepatan, kerapatan dan volume lalu lintasnya. Sehingga pada penelitian ini yaitu pada ruas Jalan Sultan Agung dan Jalan Ratu Dibalau, Kota Bandar Lampung akan dilakukan penelitian mengenai hubungan antara volume dan kecepatan, kerapatan dan kerapatan, kerapatan dan kecepatan menggunakan model Greenberg, Greenshields Underwood. Setelah mengetahui masih-masing hubungan tersebut, maka akan diketahui model karakteristik manakah dari ketiga model tersebut yang sesuai dengan ruas yang diteliti untuk menggambarkan bagaimana keadaan lalu lintas pada ruas jalan tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan melakukan survey secara langsung pada ruas jalan yang ditinjau untuk mendapatkan data geometrik serta data lalu lintas. Hasil dari penelitian ini yaitu pada Ruas Jalan Sultan Agung Kota Bandar Lampung dengan menggunakan median (4/2T), model lalu lintas yang paling cocok yaitu model Greenberg dan Greenshields, karena pada model tersebut didapatkan nilai koefisien determinasi R2 tertinggi (R2 = 0,9833)dengan tingkat akurasi terbaik. Sedangkan pada Ruas Jalan Ratu Dibalau Kota Bandar Lampung tanpa median (2/2TT), model lalu lintas yang paling cocok yaitu model Greenberg, karena pada model tersebut didapatkan nilai koefisien determinasi R2 tertinggi (R2 = 0,9841) dengan tingkat akurasi terbaik Kata kunci : Ruas Jalan, Greenberg, Greenshields, Underwood, Bandar Lampung.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2206080027

Keyword