(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Evaluasi Permasalahan Ergonomi Visual Display Di PT. Kereta Api Indonesia Stasiun Tiga Gajah Dengan Pendekatan Lean Service


Permasalahan yang ditemui pada perusahaan dapat berupa permasalahan marketing, sistem kerja, ergonomi dan lainnya. Penelitian yang dilakukan peneliti berfokus pada permasalahan ergonomi mengenai visual display. Tujuan riset ini mengetahui permasalahan visual display dan penempatan APAR, memberikan solusi permasalahan dan implementasi rancangan perbaikan, serta estimasi biaya dari rancangan perbaika. Penelitian menggunakan pendekatan lean service yaitu mereduksi kegiatan yang terdapat pemborosan dan menjaga perusahaan agar selalu memberi pelayanan terbaik. Hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu menemukan 7 kasus permasalahan visual display. Permasalahan tempat penyimpanan, permasalahan rak topi di PUS dan PUG diberikan tag nama alat serta karyawan. Permasalahan display peringatan di rel dan di tangki bahan bakar diberikan desain ulang. Permasalahan anak tangga diberikan display pada ujung tangga. Permasalahan penempatan APAR diberikan rancangan bangunan penempatan APAR. Estimasi biaya menggunakan RAB diberikan pada permasalahan yang diimplementasikan dan harga disesuaikan pada tempat penelitian. Kata Kunci: visual display, APAR, ergonomi

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2206070077

Keyword