(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

ANALISIS STUKTUR MIKRO DAN KETAHANAN AUS REL KERETA API TIPE R-54 REGIONAL IV TANJUNG KARANG, BANDAR LAMPUNG


Keausan didefinisikan sebagai kehilangan material secara progresif atau pemindahan sejumlah material dari suatu permukaan dari suatu hasil pergerakan relatif antara permukaan tersebut dan permukaan lainnya. Keausan telah menjadi perhatian praktis sejak lama, tetapi hingga beberapa saat lamanya masih belum mendapatkan penjelasan sebagaimana halnya pada mekanisme kerusakan akibat pembebanan yang berkaitan dengan gesekan (friction) dari permukaan material. Begitu juga keausan pada rel kereta api pada PT.KAI Regional IV Tanjung Karang, Bandar Lampung, dimana tingat laju keasusan pada rel yang digunakan berbeda walaupun tipe yang digunakan sama yaitu tipe R-54. Sehingga perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui keasuan pada rel kereta api tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungn komposisi kimia pada rel kereta api dan mengetahui stuktur mikro dan perbedaan laju keausan pada rel kereta api tipe R-54 dengan metode ogoshi dan mengetahui stuktur mikro pada rel tersebut. Pengujian ketahanan aus dilakukan menggunakan mesin Ogoshi high speed universal wear testing machine (Type OAT-U), dengan metode ogoshi dan menggunakan standar ASTM G99. Hasil dari pengujian stuktur mikro kandungan perlit pada rel lama lebih halus dibandingkan dengan rel yang lama. Hasil pengujian ketahanan aus rel lama lebih tahan aus dibandingkan rel yang baru, ini semua di penharuhi oleh kandungan kompisi kimia pada rel. Kata Kunci : Ketahanan Aus, Metode ogoshi, Stuktur mikro

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2206070044

Keyword