ANALISIS STUKTUR MIKRO DAN KETAHANAN AUS REL KERETA API TIPE R-54 REGIONAL IV TANJUNG KARANG, BANDAR LAMPUNG
Keausan didefinisikan sebagai kehilangan material secara progresif atau
pemindahan sejumlah material dari suatu permukaan dari suatu hasil pergerakan
relatif antara permukaan tersebut dan permukaan lainnya. Keausan telah menjadi
perhatian praktis sejak lama, tetapi hingga beberapa saat lamanya masih belum
mendapatkan penjelasan sebagaimana halnya pada mekanisme kerusakan akibat
pembebanan yang berkaitan dengan gesekan (friction) dari permukaan material.
Begitu juga keausan pada rel kereta api pada PT.KAI Regional IV Tanjung Karang,
Bandar Lampung, dimana tingat laju keasusan pada rel yang digunakan berbeda
walaupun tipe yang digunakan sama yaitu tipe R-54. Sehingga perlu dilakukan
penelitian untuk mengetahui keasuan pada rel kereta api tersebut. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui kandungn komposisi kimia pada rel kereta api dan
mengetahui stuktur mikro dan perbedaan laju keausan pada rel kereta api tipe R-54
dengan metode ogoshi dan mengetahui stuktur mikro pada rel tersebut. Pengujian
ketahanan aus dilakukan menggunakan mesin Ogoshi high speed universal wear
testing machine (Type OAT-U), dengan metode ogoshi dan menggunakan standar
ASTM G99. Hasil dari pengujian stuktur mikro kandungan perlit pada rel lama
lebih halus dibandingkan dengan rel yang lama. Hasil pengujian ketahanan aus rel
lama lebih tahan aus dibandingkan rel yang baru, ini semua di penharuhi oleh
kandungan kompisi kimia pada rel.
Kata Kunci : Ketahanan Aus, Metode ogoshi, Stuktur mikro
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2206070044
Keyword