(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP RUANG TUNGGU BANDAR UDARA INTERNASIONAL RADIN INTEN II


Salah satu bandar udara di Lampung yaitu Bandar Udara Internasional Radin Inten II. Bandar udara ini awalnya adalah bandar udara domestik, lalu pada tahun 2018 presiden kita yaitu Bapak Joko Widodo meresmikan bandar udara ini menjadi bandar udara internasional. Sebagai bandar udara internasional haruslah memiliki fasilitas serta pelayanan yang baik kepada penumpang khususnya pada ruang tunggu keberangkatan agar penumpang merasa nyaman dalam menunggu jadwal penerbangannya. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa baiknya fasilitas serta pelayanan yang ada di bandar udara terutama pada ruang tunggu keberangkatan dengan mencari tahu kepuasan penumpang yang menggunakan ruang tunggu keberangkatan dengan metode CSI (Customer Satisfaction Index), mengetahui profil penumpang yang menggunakan ruang tunggu keberangkatan, serta mengidentifikasi fasilitas serta pelayanan apa saja yang sudah bagus maupun yang masih harus dievaluasi lagi guna kenyamanan penumpang. Untuk mengetahui sejauh mana tingkat kepuasan penumpang diruang tunggu, peneliti menggunakan cara dengan membagikan kuesioner baik online maupun offline kepada sampel penumpang yang menggunakan ruang tunggu keberangkatan. Setelah dilakukan penyebaran kuesioner, lalu dilakukan uji statistik kuesioner yaitu uji validitas dinyatakan valid dan uji reliabilitas dinyatakan reliabel dengan nilai 0,974 (Online) dan 0,911 (Offline). Setelah mendapatkan hasil yang sesuai dilanjutkan dengan mencari indeks kepuasan penumpang dengan metode CSI. Hasil yang didapat pada untuk pembagian kuesioner online yaitu 72,74% (puas) dan yang offline 83,35% (sangat puas), secara keseluruhan penumpang merasa puas dengan fasilitas serta pelayanan yang ada di ruang tunggu keberangkatan Bandar Udara Internasional Radin Inten II. Adapun fasilitas serta pelayanan yg perlu dievaluasi yaitu ruang menyusui, kinerja Air Conditioning (AC), kinerja wifi, ruang karantina, tidak adanya telepon umum, serta pelayanan kompensasi keterlambatan. Profil penumpang pada penelitian ini yaitu sebagian besar responden berusia 17 – 25 yaitu 70% (140 orang), mahasiswa/ pelajar 57% (113 orang), berjenis kelamin laki – laki yaitu 53% (105 orang), pendidikan terakhir SMA yaitu 47% (95 orang), memiliki pendapatan Rp. 1.0000.000 – 5.000.000 yaitu 72% (144 orang), bertujuan ke Jakarta yaitu 34% (69 orang), memiliki maksud perjalanan untuk keluarga yaitu 42% (84 orang), dan berasal dari Bandar Lampung yaitu 64% (129 orang). Kata kunci: Bandar udara, kepuasan penumpang, fasilitas, pelayanan, ruang tunggu keberangkatan.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2206060057

Keyword