(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

ANALISIS KINERJA PELAYANAN FASILITAS DAN PERALATAN PELABUHAN BELAWAN


Pelabuhan menjadi salah satu unsur sarana penting yang digunakan oleh manusia untuk melaksanakan aktivitas perdagangan baik secara domestik maupun internasional. Pelabuhan yang di kelola secara baik dan efisien akan mendorong kemajuan perdagangan, bahkan industri di daerah diharapkan dapat maju dengan mandiri. Pelabuhan Belawan merupakan salah satu pelabuhan yang menerima jasa domestik dan internasional. Perlu adanya langkah dalam meninjau kinerja pelayanan fasilitas dan peralatan dalam pelabuhan untuk terciptanya pelabuhan yang efektif dan efisien secara operasional. Faktor penting untuk mengetahui kinerja pelayanan fasilitas dan peralatan pada sebuah pelabuhan adalah mengetahui tingkat penggunaan dermaga, mengetahui tingkat penggunaan gudang, mengetahui tingkat penggunaan lapangan penumpukan, dan mengetahui kesiapan operasi peralatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja pelayanan fasilitas dan peralatan Pelabuhan Belawan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang didahului dengan survei lokasi untuk memperoleh data-data yang berhubungan dengan kinerja operasional Pelabuhan Belawan secara langsung dan sebagai bentuk verifikasi data. Lingkup penelitian ini hanya dilakukan pada Terminal Konvensional Pelabuhan Belawan dan hanya pada fasilitas pelabuhan yang digunakan pada kegiatan bongkar muat dan pengolahan data menggunakan data Tahun 2020. Hasil pengolahan data diklasifikasikan menurut keputusan Dirjen Perhubungan Laut Nomor UM.00238/18/DJPL-11 tentang Standar Kinerja Operasional Pelabuhan. Pelabuhan Belawan memiliki tingkat penggunaan dermaga sebesar 29,88%, dan dikategorikan baik (di bawah 70%), tingkat penggunaan gudang sebesar 23,54

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2206060030

Keyword