(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

ANALISIS FASILITAS PELABUHAN DAN BONGKAT MUAT PETI KEMAS STUDI KASUS NEW PRIOK CONTAINER TERMINAL ONE (NPCT1)


Pelabuhan merupakan sebagai tempat kapal bersandar, naik turun penumpang dan bongkar muat barang berupa terminal dan keamanan pelayaran serta pelabuhan ini menjadi sarana penting untuk melakukan kegiatan ekspor atau impor. Pada pelabuhan NPCT1 proses bongkar muat peti kemas terhitung tercepat pada pelayanan alat Container Crane (CC) dan Rubber Tyred Gantry (RTG) namun masih terjadi terhitung lama pada pelayanan alat Trailler Maka Tugas Akhir ini membahas tentang Pelayanan Fasilitas Pelabuhan dan Pelayanan Bongkar Muat. Pelabuhan New Priok Container Terminal One yang berlokasi di Cilincing, Tanjung Priok, Jakarta Utara, DKI Jakarta. Dengan adanya Keputusan Dirjen Perhubungan Laut Nomor UM.002/3818/DJPL-11 tanggal 15 Desember 2011 tentang Standar Kinerja Pelayanan Operasional Pelabuhan maka sebagai salah satu upaya peningkatan prasarana transportasi laut maka perlu dievaluasi kualitas kinerja operasional pelabuhan salah satunya pelabuhan NPCT1. Untuk menganalisis kinerja operasional pelabuhan digunakan sesuai Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor HKI 03/2/2/DJPL-17 tentang Pedoman Perhitungan Kinerja Pelayanan Operasional Pelabuhan, 2019. Dari hasil anĂ¡lisis dapat diketahui bahwa kinerja pemanfaatan fasilitias Pelabuhan NPCT1 diperoleh nilai Berth Occupancy Ratio (BOR) = 36,7 %, Berth Throughput (BTP) = 1,326 ton/meter, dan Yard Occupancy Ratio (YOR) = 28,84 %. Pelayanan bongkar muat peti kemas dilakukan dengan menggunakan simulasi dilakukan dengan metode antrian menggunakan perangkat lunak ARENA dari hasil analisis waktu pelayanan bongkar yang mengalami antrian lama pada RTG sebesar 269,9 menit dan pada pelayanan muat yang mengalami antrian lama pada CC sebesar 157,7 menit. Pelayanan gambaran actual bongkar muat peti kemas pada tahun 2016 sampai 2022 terus mengalami peningkatan dan bisa dikatakan cepat dan sangat baik serta sesuai rencana yang ditetapkan. Kata Kunci: Container Crane (CC), Kinerja Pelabuhan Peti Kemas, Pelayanan Bongkar Muat, Rubber Tyred Gantry (RTG), Simulasi, Trailler, Utilitas.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2206050027

Keyword