Preferensi Masyarakat Dalam Menggunakan Angkutan Umum di Kota Megapolitan (Studi Kasus: DKI Jakarta)
Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi
preferensi masyarakat dan model preferensi masyarakat dalam menggunakan angkutan
umum di Kota Megapolitan DKI Jakarta. Analisis yang digunakan adalah analisis
Structural Equation Modeling (SEM) untuk mengidentifikasi faktor berpengaruh terhadap
preferensi penggunaan angkutan umum dan model preferensi pengguna angkutan umum di
Kota Megapolitan DKI Jakarta. Variabel laten yang digunakan terdiri dari variabel laten
endogen (terikat) yaitu kepuasan pengguna dan loyalitas pengguna serta variabel laten
eksogen (bebas) terdiri dari kualitas pelayanan, daya tarik kendaraan pribadi, dan biaya
peralihan. Batasan penelitian berfokus kepada preferensi dan persepsi masyarakat sebagai
pengguna (user) dalam menggunakan angkutan umum di Kota Megapolitan DKI Jakarta.
Kesimpulan yang didapatkan dari hasil penelitian adalah hasil uji hipotesis yang diterima
setelah model fit adalah sebanyak 6 hipotesis dari total 7 hipotesis awal yang diajukan.
Berdasarkan hasil pengujian goodness of fit dapat diketahui bahwa bahwa 3 dari 5 kriteria
absolute fit, 2 dari 6 kriteria incremental fit, dan 4 dari 4 kriteria parsimony fit goodness of
fit sudah terpenuhi dan dinyatakan ‘fit’. Berdasarkan hasil interpretasi model diketahui
terdapat 3 faktor berpengaruh positif dari variabel loyalitas, 2 faktor berpengaruh positif
dari variabel kepuasan, 9 faktor berpengaruh positif dari variabel kualitas layanan, 4 faktor
berpengaruh negatif dari variabel daya tarik kendaraan pribadi, dan 3 faktor berpengaruh
positif dari variabel biaya peralihan. Hasil dari penelitian ini dapat menjadi rekomendasi
pengembangan strategi peningkatan daya saing angkutan umum bagi masyarakat,
pemerintah, dan penyedia layanan angkutan umum di Kota Megapolitan DKI Jakarta.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2206050024
Keyword