STUDI KELAYAKAN OBJEK WISATA BAHARI DI PANTAI TELUK NIPAH, KALIANDA, LAMPUNG SELATAN, LAMPUNG
Potensi wisata bahari di Lampung Selatan memiliki peluang untuk di
kembangkan sebagai objek wisata, di sepanjang Pesisir Barat kabupaten ini
terdapat banyak pantai dan kunjungan wisatawan mengalami peningkatan setiap
tahunnya. Pantai Teluk Nipah merupakan objek wisata yang masih asri, namun
belum banyak yang mengetahuinya, hal tersebut yang menjadi tujuan diadakannya
penelitian ini. Metode yang digunakan pada penelitian di Pantai Teluk Nipah
menggunakan metode analisis Indeks Kesesuaian Wisata (IKW) dan Daya
Dukung Kawasan (DDK) dengan sumber referensi buku Prof. Dr. Ir Ferdinan
Yulianda, M.Sc, dalam buku “Ekowisata Bahari Sebagai Alternatif Pemanfaatan
Sumberdaya Pesisir Berbasis Konservasi”, dan analisis SWOT. Pengumpulam
Data sekunder IKW yang didapatkan yakni kedalaman perairan menggunakan
metode wawancara masyarakat sekitar di validasi menggunakan data batimetri,
pengumpulan data primer terdiri dari data kecerahan perairan, tipe pantai,
kemirigan pantai, penutupan lahan, biota berbahaya, Lebar pantai, Ketersediaan
air tawar, substrat dasar perairan, dan kecepatan arus. Penelitian dilakukan pada 3
titik stasiun dibulan Januari, hasil yang didapatkan pada perhitungan IKW dan
DDK akan menjadi dasar apakah pantai tersebut layak dijadikan sebagai objek
wisata. Hipotesa awal penelitian ini yaitu Objek wisata Pantai Teluk Nipah layak
dijadikan sebagai tempat wisata. dengan nilai IKW masuk dalam kategori sesuai,
Daya Dukung Kawasan sesuai dengan ukuran kemampuan daya tampung
wisatawan. Hasil nilai IKW pada penelitian di Pantai Teluk Nipah di dapati yaitu
adalah 2.3 pada ketiga stasiun penelitian, dimana nilai 2.3 pada indeks kesesuaian
wisata berkisar antara 2.0 ≤ IKW <2.5 dikategorikan S2 atau sesuai. Hasil analisis
daya dukung Pantai Teluk Nipah didapatkan bahwa Pantai Teluk Nipah masih
dapat menampung jumlah wisatawan yang datang dengan kapasitas sebanyak
2.675 orang/hari. Dimana jumlah wisatawan perbulan hanya mencapai 200
wisatawan. Berdasarkan analisis SWOT yang dilakukan, Strategi untuk kawasan
wisata yang utama dilakukan yaitu pembangunan jalan menuju lokasi dan
melakukan kegiatan promosi mengenai objek wisata Pantai Teluk Nipah.
Kata kunci : Daya Dukung Kawasan, Indeks Kesesuaian Wisata, Wisata bahari,
analisis SWOT
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2206050021
Keyword