(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

STUDI KELAYAKAN OBJEK WISATA BAHARI DI PANTAI TELUK NIPAH, KALIANDA, LAMPUNG SELATAN, LAMPUNG


Potensi wisata bahari di Lampung Selatan memiliki peluang untuk di kembangkan sebagai objek wisata, di sepanjang Pesisir Barat kabupaten ini terdapat banyak pantai dan kunjungan wisatawan mengalami peningkatan setiap tahunnya. Pantai Teluk Nipah merupakan objek wisata yang masih asri, namun belum banyak yang mengetahuinya, hal tersebut yang menjadi tujuan diadakannya penelitian ini. Metode yang digunakan pada penelitian di Pantai Teluk Nipah menggunakan metode analisis Indeks Kesesuaian Wisata (IKW) dan Daya Dukung Kawasan (DDK) dengan sumber referensi buku Prof. Dr. Ir Ferdinan Yulianda, M.Sc, dalam buku “Ekowisata Bahari Sebagai Alternatif Pemanfaatan Sumberdaya Pesisir Berbasis Konservasi”, dan analisis SWOT. Pengumpulam Data sekunder IKW yang didapatkan yakni kedalaman perairan menggunakan metode wawancara masyarakat sekitar di validasi menggunakan data batimetri, pengumpulan data primer terdiri dari data kecerahan perairan, tipe pantai, kemirigan pantai, penutupan lahan, biota berbahaya, Lebar pantai, Ketersediaan air tawar, substrat dasar perairan, dan kecepatan arus. Penelitian dilakukan pada 3 titik stasiun dibulan Januari, hasil yang didapatkan pada perhitungan IKW dan DDK akan menjadi dasar apakah pantai tersebut layak dijadikan sebagai objek wisata. Hipotesa awal penelitian ini yaitu Objek wisata Pantai Teluk Nipah layak dijadikan sebagai tempat wisata. dengan nilai IKW masuk dalam kategori sesuai, Daya Dukung Kawasan sesuai dengan ukuran kemampuan daya tampung wisatawan. Hasil nilai IKW pada penelitian di Pantai Teluk Nipah di dapati yaitu adalah 2.3 pada ketiga stasiun penelitian, dimana nilai 2.3 pada indeks kesesuaian wisata berkisar antara 2.0 ≤ IKW <2.5 dikategorikan S2 atau sesuai. Hasil analisis daya dukung Pantai Teluk Nipah didapatkan bahwa Pantai Teluk Nipah masih dapat menampung jumlah wisatawan yang datang dengan kapasitas sebanyak 2.675 orang/hari. Dimana jumlah wisatawan perbulan hanya mencapai 200 wisatawan. Berdasarkan analisis SWOT yang dilakukan, Strategi untuk kawasan wisata yang utama dilakukan yaitu pembangunan jalan menuju lokasi dan melakukan kegiatan promosi mengenai objek wisata Pantai Teluk Nipah. Kata kunci : Daya Dukung Kawasan, Indeks Kesesuaian Wisata, Wisata bahari, analisis SWOT

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2206050021

Keyword