(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

PENGEMBANGAN AUTOGRADER MENGGUNAKAN METODE USER-CENTERED DESIGN (Studi Kasus Praktikum Algoritma dan Pemrograman Program Studi Teknik Informatika Institut Teknologi Sumatera)


Pada tahun 2017 tercatat sebanyak 159 mahasiswa mengambil mata kuliah Algoritma dan Pemrograman Teknik Informatika ITERA. Penilaian tugas pemrograman dengan manual menjadi melelahkan serta memakan waktu lama. Suatu sistem penugasan yang mampu melakukan penilaian otomatis seperti autograder menjadi diperlukan. DOMjudge merupakan autograder untuk kontes pemrograman yang banyak digunakan sejak 2004. DOMjudge bersifat ketat dan belum memperhatikan aspek user experience (UX). User-Centered Design (UCD) adalah metode yang dipakai dalam mengembangkan dan mengadopsi DOMjudge. Proses evaluasi di UCD dengan Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ) dapat menggali kebutuhan pengguna untuk menghasilkan autograder perkuliahan dengan nilai usability dan UX yang baik. Peningkatan nilai usability pada DOMjudge standar dan hasil pengembangan, yaitu aspek Usefulness sebesar 0.675, Ease of Use sebesar 1.138, Ease of Learning sebesar 0.650 dan Satisfaction sebesar 0.372 bagi Asisten Praktikum. Respon Praktikan menunjukkan peningkatan aspek Usefulness sebesar 0.255, Ease of Use sebesar 0.297, Ease of Learning sebesar 0.533 dan Satisfaction sebesar 0.477. Perubahan skala UEQ bagi Asisten Praktikum pada aspek daya tarik dan ketepatan dari dibawah rata-rata menjadi sangat baik, stimulasi dari diatas rata-rata menjadi sangat baik. Aspek kejelasan, efisiensi dan kebaruan dari dibawah rata-rata menjadi baik. Penilaian Praktikan berubah di skala aspek daya tarik, kejelasan, efisiensi dan ketepatan dari dibawah rata-rata menjadi diatas rata-rata serta kebaruan dari diatas rata-rata menjadi baik. Nilai usability bagi Asisten Praktikum dan Praktikan diwakili oleh aspek kepuasan mengalami peningkatan berturut-turut sebanyak 11.86

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2206040013

Keyword