PENGEMBANGAN AUTOGRADER MENGGUNAKAN METODE USER-CENTERED DESIGN (Studi Kasus Praktikum Algoritma dan Pemrograman Program Studi Teknik Informatika Institut Teknologi Sumatera)
Pada tahun 2017 tercatat sebanyak 159 mahasiswa mengambil mata kuliah
Algoritma dan Pemrograman Teknik Informatika ITERA. Penilaian tugas
pemrograman dengan manual menjadi melelahkan serta memakan waktu lama.
Suatu sistem penugasan yang mampu melakukan penilaian otomatis seperti
autograder menjadi diperlukan. DOMjudge merupakan autograder untuk kontes
pemrograman yang banyak digunakan sejak 2004. DOMjudge bersifat ketat dan
belum memperhatikan aspek user experience (UX). User-Centered Design (UCD)
adalah metode yang dipakai dalam mengembangkan dan mengadopsi DOMjudge.
Proses evaluasi di UCD dengan Usability Testing dan User Experience
Questionnaire (UEQ) dapat menggali kebutuhan pengguna untuk menghasilkan
autograder perkuliahan dengan nilai usability dan UX yang baik. Peningkatan
nilai usability pada DOMjudge standar dan hasil pengembangan, yaitu aspek
Usefulness sebesar 0.675, Ease of Use sebesar 1.138, Ease of Learning sebesar
0.650 dan Satisfaction sebesar 0.372 bagi Asisten Praktikum. Respon Praktikan
menunjukkan peningkatan aspek Usefulness sebesar 0.255, Ease of Use sebesar
0.297, Ease of Learning sebesar 0.533 dan Satisfaction sebesar 0.477. Perubahan
skala UEQ bagi Asisten Praktikum pada aspek daya tarik dan ketepatan dari
dibawah rata-rata menjadi sangat baik, stimulasi dari diatas rata-rata menjadi
sangat baik. Aspek kejelasan, efisiensi dan kebaruan dari dibawah rata-rata
menjadi baik. Penilaian Praktikan berubah di skala aspek daya tarik, kejelasan,
efisiensi dan ketepatan dari dibawah rata-rata menjadi diatas rata-rata serta
kebaruan dari diatas rata-rata menjadi baik. Nilai usability bagi Asisten Praktikum
dan Praktikan diwakili oleh aspek kepuasan mengalami peningkatan berturut-turut
sebanyak 11.86
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2206040013
Keyword