Perencanaan Dermaga Kapal Tanker Pelabuhan Dobo, Maluku.
Pelabuhan Dobo merupakan pelabuhan yang berpotensi menjadi pelabuhan curah
cair ataupun sebagai pelabuhan minyak. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya
perusahaan-perusahaan MIGAS dunia yang mulai melirik dan mendirikan
perusahaan MIGAS di kota dobo, Maluku. Berdasarkan fakta tersebut, penulis ingin
melakukan perencanaan dermaga kapal tanker bertipe jetty pada pelabuhan dobo
yang mampu melayani kapal 10.000 DWT dan dapat menahan beban mati, beban
hidup, beban gelombang dan arus, beban sandar kapal dan tarik kapal, serta beban
gempa. Dalam analisis perencanaannya digunakannya The Overseas Coastal Area
Development Institute of Japan (OCDI) Part VII Chapter 2 untuk menghitung
perencanaan layout dan dimensi dari struktur. Adapun data – data yang digunakan
berupa pasang surut, angin, batimetri, dan spesifikasi kapal dan diolah
menggunakan persamaan OCDI menghasilkan elevasi dermaga yaitu +4,7 m
dengan kedalaman perairan -9 m ditinjau dari Mean Sea Level (MSL). Hasil
perhitungan OCDI juga menghasilkan dimensi masing – masing struktur seperti
Loading Platform adalah 24 x 18 m, Mooring Dolphin 6 x 6 m, Breasting Dolphin
8 x 8 m, dan Trestle 80 x 6 m. Perhitungan pembebanan menghasilkan energy
sandar kapal sebesar 3,4 ton dan gaya tarik kapal sebesar 60,1 ton. Selanjutnya,
dilakukan perhitungan analisa struktur dengan tinggi keseluruhan struktur -17,3 m
dengan panjang dan lebar dermaga 160 x 26,5 m dengan tiang baja berdiameter 558
mm dan tebal 12 mm sebagai penahan struktur. Perhitungan dimensi balok persegi
panjang diseluruh struktur sebesar 70 x 40 cm menghasilkan perencanaan tulangan
balok yang terdiri dari 6 tulangan berdiameter 19 mm. Dimensi pelat lantai 8 x 6 m
dengan tebal 30 cm menghasilkan perencanaan tulangan pelat dengan tulangan
berdiameter 13 mm dengan jarak antar tulangan 90 mm. Kedua perhitungan
perencanaan tulangan tersebut sudah memenuhi persyaratan yang terdapat pada
SNI 1729 2002 dan SNI 2847 2013. Dan juga, nilai defleksi lateral dan aksial yang
dihasilkan tidak melebihi defleksi maksimal yang terdapat pada SNI 1729 2002.
Hasil akhir dari perencanaan ini berupa gambar detail engineering design 2D.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2206030048
Keyword