(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Perencanaan Dermaga Kapal Tanker Pelabuhan Dobo, Maluku.


Pelabuhan Dobo merupakan pelabuhan yang berpotensi menjadi pelabuhan curah cair ataupun sebagai pelabuhan minyak. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya perusahaan-perusahaan MIGAS dunia yang mulai melirik dan mendirikan perusahaan MIGAS di kota dobo, Maluku. Berdasarkan fakta tersebut, penulis ingin melakukan perencanaan dermaga kapal tanker bertipe jetty pada pelabuhan dobo yang mampu melayani kapal 10.000 DWT dan dapat menahan beban mati, beban hidup, beban gelombang dan arus, beban sandar kapal dan tarik kapal, serta beban gempa. Dalam analisis perencanaannya digunakannya The Overseas Coastal Area Development Institute of Japan (OCDI) Part VII Chapter 2 untuk menghitung perencanaan layout dan dimensi dari struktur. Adapun data – data yang digunakan berupa pasang surut, angin, batimetri, dan spesifikasi kapal dan diolah menggunakan persamaan OCDI menghasilkan elevasi dermaga yaitu +4,7 m dengan kedalaman perairan -9 m ditinjau dari Mean Sea Level (MSL). Hasil perhitungan OCDI juga menghasilkan dimensi masing – masing struktur seperti Loading Platform adalah 24 x 18 m, Mooring Dolphin 6 x 6 m, Breasting Dolphin 8 x 8 m, dan Trestle 80 x 6 m. Perhitungan pembebanan menghasilkan energy sandar kapal sebesar 3,4 ton dan gaya tarik kapal sebesar 60,1 ton. Selanjutnya, dilakukan perhitungan analisa struktur dengan tinggi keseluruhan struktur -17,3 m dengan panjang dan lebar dermaga 160 x 26,5 m dengan tiang baja berdiameter 558 mm dan tebal 12 mm sebagai penahan struktur. Perhitungan dimensi balok persegi panjang diseluruh struktur sebesar 70 x 40 cm menghasilkan perencanaan tulangan balok yang terdiri dari 6 tulangan berdiameter 19 mm. Dimensi pelat lantai 8 x 6 m dengan tebal 30 cm menghasilkan perencanaan tulangan pelat dengan tulangan berdiameter 13 mm dengan jarak antar tulangan 90 mm. Kedua perhitungan perencanaan tulangan tersebut sudah memenuhi persyaratan yang terdapat pada SNI 1729 2002 dan SNI 2847 2013. Dan juga, nilai defleksi lateral dan aksial yang dihasilkan tidak melebihi defleksi maksimal yang terdapat pada SNI 1729 2002. Hasil akhir dari perencanaan ini berupa gambar detail engineering design 2D.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2206030048

Keyword