(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Analisis Rute Mobilisasi Barang Logistik Dari Provinsi Lampung ke Provinsi Bangka Belitung


Transportasi dalam logistik merupakan hal yang penting. Mengingat bahwa transportasi merupakan aktifitas penting dalam sebuah kegiatan logistik sebagai pasokan atau supplay chain untuk menjembatani antara supply dan permintaan. Dalam masalah ini transportasi memerlukan investasi yang besar dan menguras keuangan perusahaan. Dengan diketahuinya biaya cost dari masing-masing rute tersebut maka dapat di simpulkan rute yang efektif di gunakan dalam melakukan pengiriman barang logistik. Logistik yang dikirimkan berupa gula putih, beras, minyak, sayur-sayuran, buah-buahan, daging, maupun bahan material berupa Semen. Pengiriman tersebut dilakukan dengan dua rute yaitu rute pertama melalui Pelabuhan Mesuji dan rute kedua melalui Pelabuhan Tanjung Api-api. Pengiriman melalui Pelabuhan Mesuji tersebut dilakukan dengan dua kondisi, yaitu pada saat kondisi tidak rusak dan kondisi jalan rusak. Dari perbandingan tersebut didapatkan bahwa biaya transportasi yang dikeluarkan untuk pengiriman semen rute Pelabuhan Mesuji melalui jalan tidak rusak adalah Rp 15.275.000 dan untuk jalan rusak biaya yang dikeluarkan adalah Rp 15.798.000. Pengiriman semen dengan rute Pelabuhan Tanjung Api-api biaya yang dikeluarkan adalah Rp 8.180.000. Pengiriman beras rute Pelabuhan Mesuji melalui jalan tidak rusak adalah Rp 15.230.000 dan untuk jalan rusak biaya yang dikeluarkan adalah Rp 15.815.000. Pengiriman semen dengan rute Pelabuhan Tanjung Api-api biaya yang dikeluarkan adalah Rp 8.127.000. Dan untuk pengiriman gula rute Pelabuhan Mesuji dengan kondisi jalan tidak rusak adalah Rp 15.170.000 dan untuk jalan rusak biaya yang dikeluarkan adalah Rp 15.693.000. Untuk pengiriman semen dengan rute Pelabuhan Tanjung Api-api biaya yang dikeluarkan adalah Rp 8.099.000. Dalam proses pengiriman ini pengiriman rute Pelabuhan Tanjung Api-api lebih efektif dibanding degan rute Pelabuhan Mesuji. Dikarenakan biaya laut yang di keluarka dengan melalui rute pelabuhan Mesuji lebih besar di banding dengan rute Pelabuhan Tanjung Api-api.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2206030004

Keyword