(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

PENGEMBANGAN PURWARUPA UI/UX PADA APLIKASI RADARLAMPUNG.CO.ID MENGGUNAKAN METODE GOAL DIRECTED DESIGN (GDD) DAN HEART FRAMEWORK


Radar Lampung merupakan salah satu portal berita ternama yang ada di Provinsi Lampung. Pada awalnya Radar Lampung dalam menyampaikan berita atau informasi kepada masyarakat Lampung menggunakan media cetak atau koran. Akan tetapi seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi pada tahun 2020 Radar Lampung merilis versi aplikasi Mobilenya yaitu aplikasi RadarLampung.co.id. sama dengan koran, aplikasi Mobile RadarLampung.co.id juga berfungsi sebagai portal berita yang dapat digunakan masyarakat Lampung untuk mendapatkan berita maupun informasi yang terdapat di Provinsi Lampung maupun di tanah air. Akan tetapi aplikasi RadarLampung.co.id masih memiliki kekurangan dalam segi User Interface dan User Experiece. Hal inilah yang membuat kurang tertariknya masyarakat Lampung dalam menggunakan aplikasi ini untuk mencari berita ataupun informasi. Dengan adanya permasalahan itu maka penulis melakukan suatu penelitian yang bertujuan untuk dapat melakukan meredesign ulang tampilan antarmuka aplikasi RadarLampung.co.id menggunakan dua metode, yang pertama menggunakan metode Goal Directed Design (GDD) sebagai metode perancangan. Metode ini merupakan metode yang berfokus terhadap tujuan penggguna dalam menggunakan suatu sistem, metode ini terdiri dari lima aspek didalamnya yaitu Research, Modelling, Requirement, Framework, dan Refinement. Dari metode tersebut menghasilkan pengembangan pada tampilan splashscreen, beranda, detail berita, kategori berita, serta video, dan membuat darkmode berfungsi. Dan dalam melakukan evaluasi penulis menggunakan metode HEART FRAMEWORK, metode ini terdiri dari lima aspek yaitu Happines, Engagement, Adoption, Retention, Task Succes. Evaluasi ini berfungsi untuk melihat dan membandingkan hasil penilaian dari 40 responden mengenai tampilan antarmuka aplikasi RadarLampung.co.id sebelum dan sesudah di redesign berdasarkan kelima aspek yang terdapat didalam metode ini. Maka didapatkan hasil pada aspek Happines sebesar 0,34 dan 0,85, Engagement 0,36 dan 0,82 Adoption 0.36 dan 0,77 Retention 0,33 dan 0,72, dan Task Succes sebesar 0,37 dan 0,86. Dengan mengalami kenaikan yang signifikan.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2206010007

Keyword