(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Dampak Lingkungan dan Sosial Pembangunan Jalan Tol Bakauheni - Terbanggi Besar seksi Bakauheni - Kota Baru


Membangun jalan tol ialah sebuah opsi untuk memacu pertumbuhan ekonomi sarana transportasi, dan pariwisata dalam suatu daerah. Salah satu proyek membangun jalan bebas hambatan yang telah terlaksana adalah dibangunnya Jalan Tol Trans Sumatera. Pembangunan Jalan Tol ini pasti akan membawa dampak untuk masyarakat sekitar jalan tol, baik dampak lingkungan maupun dampak sosial. Tujuan penelitian tugas akhir ini adalah untuk menganalisis dampak lingkungan dan dampak sosial dari pembangunan Jalan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar sesksi Bakauheni – Kota Baru terhadap masyarakat sekitar jalan tol. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan analisis deskriptif yaitu teknik analisis yang digunakan untuk menggambarkan data hasil wawancara, pengamatan, dan hasil analisis yang dilakukan. Hasil penelitian ini merupakan dampak lingkungan dan sosial dari pembangunan Jalan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar seksi Bakauheni – Kota Baru, yaitu: Dengan adanya pembangunan Jalan Tol, paparan emisi di wilayah sekitar jalan tol meningkat (X1.1), pembangunan Jalan Tol juga menyebabkan peningkatan kebisingan (X1.2), terjadi banjir di beberapa daerah sekitar Jalan Tol (X1.3), pembangunan Jalan Tol ini juga menyebabkan penurunan daerah resapan air di beberapa daerah sekitar jalan tol (X1.4), serta mengakibatkan penurunan lahan pertanian di daerah sekitar jalan tol (X1.5). Namun, pembangunan Jalan Tol ini juga mengakibatkan naiknya angka pendatang baru pada setiap daerah yang dilalui oleh Jalan Tol (X2.1), terjadi peningkatan keamanan dan ketertiban di daerah sekitar Jalan Tol (X2.2), warga di daerah sekitar jalan tol juga merasa ada peningkatan kemudahan akses keluar dan masuk desa (X2.3), serta peningkatan lapangan pekerjaan (X2.4) sehingga terjadi peningkatan ekonomi di beberapa desa (X2.5), pembangunan Jalan Tol ini juga menjadikan daerah-daerah yang dibangun Jalan Tol menjadi strategis sehingga terjadi peningkatan harga tanah di daerah-daerah tersebut (X2.6), dan banyak terjadi perubahan mata pencaharian warga yang tinggal di daerah sekitar Jalan Tol (X2.7).

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2201310066

Keyword