(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

PERBANDINGAN ALGORITMA DIJKSTRA DAN ALGORITMA FLOYD-WARSHALL DALAM MENENTUKAN JALUR DAN LOKASI PARKIR


Peningkatan produksi kendaraan yang semakin pesat menyebabkan kesulitan dalam mengatur kemacetan lalu lintas dan juga akan kesulitan dalam tata kelola lahan parkir yang akan digunakan oleh pengguna untuk parkir sehingga tidak menyebabkan kemacetan yang terlalu parah. Berdasarkan data yang disediakan oleh Badan Pusat Statistik, perkembangan jumlah kendaraan berupa mobil penumpang di Indonesia pada tahun 2015 – 2018 terus mengalami peningkatan. Pada tahun 2015 terdapat 12.304.221 mobil penumpang, lalu pada tahun 2016 meningkat menjadi 13.142.956. Pada tahun 2018 terdapat 14.830.698 mobil penumpang. Maka dari itu diperlukan suatu inovasi baru dalam melakukan aktifitas parkir. Dalam penelitian ini akan dilakukan pencarian lokasi parkir dan jalur parkir dengan membandingkan algoritma Dijkstra dan Floyd-Warshall yang akan digunakan pada penelitian ini yang akan membantu dalam menentukan lokasi parkir dan jalur parkir yang dikhususkan untuk lahan parkir yang memiliki lahan lebih dari 50 tempat parkir yaitu seperti mall dan pusat perbelanjaan. Algoritma Dijkstra lebih unggul dengan jarak yang lebih pendek dari algoritma Floyd- Warshall pada satu iterasi. Hasil dari penelitian ini hanya menunjukan perbedaan pada tahapan iterasi yang dilaluinya dimana pada iterasi ke 2 pada algoritma Floyd- Warshall melalui jalur yang lebih memiliki jarak lebih besar dibandingkan algoritma Dijkstra.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2201310057

Keyword