(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (AR) DALAM PENCARIAN LOKASI RUANG GEDUNG GKU KAMPUS INSTITUT TEKNOLOGI SUMATERA DENGAN METODE MARKERLESS DAN ALGORITMA A-STAR


Gedung GKU merupakan salah satu bangunan terluas yang ada di kampus Itera dengan terdiri dari empat lantai, serta memiliki banyak ruang-ruang didalamnya beserta fungsi ruang yang berbeda-beda. Dalam penelitian ini, teknologi augmented reality dipilih untuk solusi bantu terhadap permasalahan yang diteliti dengan menggunakan SDK ARWayKit dan SDK Azure PlayFab. Aplikasi memanfaatkan framework ARKit khusus pada perangkat mobile ios, serta aplikasi memerlukan bantuan fungsi kamera pada smartphone untuk menangkap gambar dunia nyata, kemudian digabungkan dengan realitas maya dalam bentuk hologram. ARWayKit telah mengintegrasi Azure Spatial Anchors untuk dapat digunakan pembuatan konten mapping yang digunakan sebagai bahan metode markerless dan pencarian lokasi terdekat menggunakan algoritma A-Star yang sudah di sediakan. Metode pengembangan yang digunakan penelitian adalah metode waterfall agar perancangannya dapat terprosedur tahapannya. Evaluasi hasil penelitian menggunakan metode confusion matrix dari total hasil pengambilan data pembuatan konten map VARS1 sebesar 100%, VARS2 sebesar 91,6%, dan VARS3 sebesar 83,3%. Secara keseluruhan, VARS1, VARS2, dan VARS3 menghasilkan total tingkat akurasi yang dihasilkan sebesar 91,6

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2201300012

Keyword