(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

ANALISIS DAMPAK PENGOPERASIAN PINTU PERLINTASAN KERETA API TERHADAP PENGGUNAAN BAHAN BAKAR MINYAK (BBM) KENDARAAN


Pertemuan prasarana transportasi berbasis jalan raya dengan jalan rel pada satu bidang geometri atau biasa dikenal dengan istilah perlintasan sebidang. Prioritas pergerakan pada kereta api menyebabkan gangguan pada arus lalu lintas yang memicu tundaan dan antrian kendaraan ketika pintu perlintasan mengalami penutupan. Penutupan pintu perlintasan menyebabkan peningkatan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) kendaraan. Berdasarkan hal tersebut penelitian dilakukan untuk menganalisis dampak pengoperasian pintu perlintasan kereta api terhadap penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) kendaraan. Proses pengambilan data primer dilakukan pada perlintasan sebidang Jalan Untung Suropati Kota Bandar Lampung pada hari Jumat, Sabtu dan Senin meliputi data lalu lintas, kecepatan kendaraan dan durasi pengoperasian pintu perlintasan. Sedangkan data sekunder yang digunakan meliputi peta lokasi studi, Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) 2021 dan harga BBM. Analisis data yang digunakan meliputi metode gelombang kejut (shockwave) serta konsumsi BBM kendaraan dengan persamaan model LAPI-ITB dan ATIS-India. Berdasarkan analisis diperoleh durasi pengoperasian pintu perlintasan terlama dan tercepat pada hari Senin sebesar 381 detik dan 65 detik. Nilai tundaan (total delay) terlama sebesar 1014 detik untuk arah Timur-Barat pada hari Senin dengan panjang antrian 3.671 Km (3671 Meter) dan tercepat sebesar 92 detik dengan panjang antrian 0.125 Km (125 Meter) untuk arah Barat-Timur pada hari Sabtu. Konsumsi BBM kendaraan dalam kondisi stationer (idle) LAPI-ITB diperoleh sebesar 8855.8522 liter atau dalam Rupiah sebesar Rp.69,518,440,- dan ATIS-India sebesar 11196.3274 liter atau dalam Rupiah sebesar Rp.87,891,170,- dengan BBM berjenis pertalite. Konsumsi BBM akibat pengaruh kecepatan diperoleh sebesar 373.7440 liter atau dalam Rupiah sebesar Rp.2,933,891,- dengan BBM berjenis pertalite. Kata kunci : Perlintasan Sebidang, Gelombang Kejut (Shockwave), Delay, Konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM)

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2201290009

Keyword