(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Analisis Standar Pelayanan Minimal (SPM) Terhadap Tingkat Kepuasan Pengguna Jalan Tol Terbannggi Besar - Kayu Agung Seksi 1-2 (Terbanggi Besar - Pematang Panggang)


Percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia terjadi beberapa tahun belakangan ini. Infrastruktur jalan yang sedang dibangun di Indonesia ialah jalan tol, dengan tujuan menumbuhkan titik ekonomi baru dan mempercepat jaringan logistik melalui darat. Salah satu jalan tol di Indonesia yang sedang dibangun adalah Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), terdapat ruas jalan tol terpanjang di Indonesia yaitu Ruas Jalan Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung (Terpeka) di JTTS. Jalan ini mengalami kerusakan, retak, bergelombang dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang ada pada Ruas Tol Terpeka Seksi 1-2 (Terbanggi Besar – Pematang Panggang) yang mempengaruhi tingkat kepuasan pengguna jalan tersebut. Jenis penelitian kualitatif deskriptif dimana analisisnya menggunakan Microsoft Excel 2016 dan Program SPSS Versi 25.0 untuk pengujian Regresi Linear Berganda. Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (CSI) untuk menghitung tingkat kepuasan dan Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengetahui prioritas pemeliharaan. Hasil analisis pengamatan Standar Pelayanan Minimal di lapangan sebesar 94% memenuhi SPM, hasil analisa faktor menggunakan program SPSS, faktor keamanan keselamatan sebesar 88,29%, dan faktor kenyamanan 11,71

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2201280048

Keyword