(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

ANALISIS KEKERASAN DAN STRUKTUR MIKRO REL KERETA API TIPE R54 DI REGIONAL IV TANJUNG KARANG


Kemajuan moda transportasi kereta api Indonesia mengalami perkembangan yang cukup pesat, dimana kereta api berkontribusi sebagai solusi transportasi serta angkutan massal yang efisien. Salah satu infrastruktur kereta api adalah adanya rel sebagai lintasan pemandu jalannya roda kereta api. Salah satu permasalahan yang terjadi pada rel kereta api adalah keausan yang sering terjadi sehingga menyebabkan umur rel semakin pendek sehingga penggantian rel yang lebih cepat dari prediksi. Terjadinya grefis abrasi yang menyebabkan permukaan cepat rusak. Penelitian bertujuan untuk mengetahui komposisi kimia rel, struktur mikro serta tingkat kekerasan rel R54 berjenis lama dan baru. pengujian komposisi kimia menggunakan spektometer, pengujian struktur mikro menggunakan alat mikroskop elektron serta pengujian kekerasan menggunakan alat Universal hardness tester. hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai komposisi kimia pada rel R54 berjenis lama dan rel baru tidak memiliki perbedaan nilai yang jauh sehingga memiliki struktur mikro yang sama yaitu fully pearlite steel. Nilai kekerasan vickers pada daerah putih menghasilkan nilai vickers rata-rata (HVN) sebesar 349,39, sedangkan nilai pada daerah hitam adalah 383,59. Nilai kekerasan brinell dapat disimpulkan bahwa rel lama memiliki tingkat kekerasan brinell yang lebih besar dibandingkan rel R54 baru. nilai kekerasan brinell rel lama memiliki nilai 353,3 HBN dan rel baru sebesar 349,6 HBN. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa rel R54 merupakan rel spesifikasi number JIS E 1120-2007 tipe head harden rail DHH 340

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2201260026

Keyword