(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Analisis Kelayakan dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Rest Area Ruas Jalan Tol Bakauheni - Terbanggi Besar (Studi Kasus: Rest Area Km 33 dan Km 87)


Infrastruktur jalan tol harus memiliki fasilitas pelayanan yang memadai untuk penggunanya. Salah satu fasilitas pelayanan pada jalan tol yaitu rest area. Rest area merupakan tempat pertama yang dituju oleh pengemudi untuk memenuhi kebutuhannya selama berada di ruas jalan tol. Rest area yang terdapat pada ruas Jalan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar antara lain rest area km 20, km 33, km 49, km 67, km 87, dan km 116. Setiap rest area yang tersedia di ruas jalan tol harus memenuhi standar kelayakan dan pelayanan sesuai standar yang ditetapkan. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji tingkat kelayakan dan pelayanan serta menganalisis tingkat kepuasaan pengguna rest area km 33 dan km 87 pada sisi A (arah Terbanggi Besar). Rest area km 33 merupakan rest area tipe B dan rest area km 87 adalah rest area tipe A. Rest area tipe B adalah rest area yang memiliki fasilitas lebih sedikit dibandingkan rest area tipe A. Analisis tingkat kelayakan dan pelayanan rest area dilakukan dengan membandingkan kondisi aktual dan indikator pada standar yang berlaku. Adapun standar yang digunakan yaitu Peraturan Menteri PUPR Nomor 28 Tahun 2021 Tentang Tempat Istirahat dan Pelayanan Pada Jalan Tol dan Peraturan Menteri PU Nomor 16/PRT/M/2014 Tentang Standar Pelayanan Minimal Jalan Tol. Metode analisis tingkat kepuasan pengguna adalah metode Customer Satisfaction Index (CSI) menggunakan data hasil penyebaran kuesioner pada pengguna rest area km 33A dan km 87A. Hasil analisis kelayakan menunjukkan bahwa tingkat kelayakan pada rest area km 33A dan km 87A cukup layak. Berdasarkan analisis pelayanan diketahui tingkat pelayanan rest area km 33A kurang layan dan rest area km 87A cukup layan. Dari hasil analisis tingkat kepuasan pengguna diketahui bahwa pengguna rest area km 33A dan km 87A merasa puas pada pelayanan yang diberikan.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2201260001

Keyword