(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Perancangan Sekolah Berasrama Dengan Pendekatan Arsitektur Perilaku


Kota Bandar Lampung mempunyai letak geografis yang strategis. Menjadi penghubungan antara pulau Sumatera dengan pulau Jawa mempengaruhi pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi. Seiring dengan itu perlu diperhatikan kualitas pendidikan agar menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang terampil, baik dalam ilmu pengetahuan maupun kehidupan seharihari. Hal itulah yang mendasari perancangan sekolah berasrama ini. Lahan proyek ini memiliki luas kurang lebih 8 hektar dan akan dibangun oleh suatu yayasan pendidikan di Kota Bandar Lampung tepatnya berada di Jalan Pangeran Antasari. Sekolah berasrama ini dijadikan sebagai sarana edukasi dan tempat tinggal bagi para siswa sehari-hari. Selain itu ada fasilitas menunjang lainnya seperti auditorium dan student center yang berisi studio musik dan tari, lapangan indoor, gym, klinik, dan ruang komunal. Rancangan ini memperhatikan isu atau permasalahan yang kerap terjadi dilingkungan sekolah terutama pada boarding school seperti isu keamanan, kesehatan, sirkulasi, hingga senioritas atau perundungan serta pelecehan. Dalam merancang kawasan sekolah berasrama ini menerapkan pendekatan arsitektur perilaku, dengan mempertimbangkan konfigurasi ruang serta memperhatikan aktivitas pengguna terutama siswa untuk menjawab isu permasalahan yang ada. Kata Kunci: Sekolah Berasrama, Arsitektur Perilaku, Bandar Lampung

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2201250004

Keyword