(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

EVALUASI USABILITY DAN PENGALAMAN PENGGUNA BAGI PENGGUNA LAYANAN PREMIUM APLIKASI SPOTIFY MENGGUNAKAN PENDEKATAN MODEL PACMAD DAN USER ENGAGEMENT SCALE (UES)


Spotify adalah layanan streaming musik digital asal Swedia yang memberikan akses ke jutaan lagu. Namun, aplikasi Spotify masih terdapat beberapa permasalahan yang dikeluhkan oleh pengguna nya. Sehingga peneliti melakukan evaluasi usability dan pengalaman pengguna pada aplikasi Spotify menggunakan pendekatan model PACMAD dan User Engagement Scale serta memberikan rekomendasi prototype desain perbaikan. Pada aspek usability yaitu effectiviness mengalami peningkatan dari 84,02% menjadi 99,3%, aspek efficiency dari 87,6% menjadi 98,53%, aspek satisfaction pada kategori system usefulness dari 5,7 menjadi 5,86, information quality dari 5 menjadi 5,89, interface quality dari 5,5 menjadi 6,06, overall dari 5,38 menjadi 5,92, pada aspek learnability dari 96,9% menjadi 97,22%, aspek memorability juga mengalami peningkatan, aspek errors menurun dari 0,09 menjadi 0,004 dan pada aspek cognitive load juga menurun dari 36,01 menjadi 27,19. Selain itu pada aspek pengalaman pengguna didapatkan perbandingan nilai nya pada kategori aesthetic appeal dari 4,02 menjadi 4,13, endurability dari 3,69 menjadi 3,76, focused attention dari 3,03 menjadi 2,95, felt involvement dari 3,7 menjadi 3,71, novelty dari 3,74 menjadi 3,92, dan perceived usability dari 2,4 menjadi 2,22. Perubahan nilai dari masing-masing aspek menghasilkan bahwa perbaikan mengalami peningkatan yang lebih baik.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2201200013

Keyword