(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

PERENCANAAN ULANG STRUKTUR ATAS DAN STRUKTUR BAWAH JEMBATAN SP. GUNUNG KEMALA–SANGGI BERDASARKAN SNI 2833-2016, SNI 1725-2016 DAN SNI 8460-2017


Abstrak Jembatan Sp. Gunung Kemala-Sanggi merupakan penghubung jalan utama yang terletak di jalan Bengkunat-Krui Sukarame, Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung. Jembatan ini pernah mengalami kerusakan yang diakibatkan oleh banjir dan tanah longsor. Mengingat hal diatas diperlukan perencanaan ulang yang efisien dan aman serta sesuai dengan kondisi alam di sekitar jembatan agar terpenuhinya salah satu tujuan utama dalam merancang struktur jembatan. Kriteria design yang dipakai untuk merencanakan jembatan ini akan mengacu pada peraturan dan referensi Standar Nasional Indonesia, Surat Edaran Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Load and Resistance Factor Design (LRFD), Allowable Stress Design (ASD), dengan perhitungan menggunakan bantuan program computer/ software SAP 2000, LPILE dan GROUP. Dalam tugas akhir ini akan direncanakan struktur atas jembatan rangka baja dengan panjang jembatan 95 m dan dibagi atas dua bentang yang disetiap bentang jembatan memiliki panjang 45 m dan 50 m. Dan struktur bawah mengunakan pondasi tiang bor berbahan dari beton. Jembatan terdiri dari dua abutment dan dua pilar yang menopang. Adapun lebar jembatan adalah 6 m dengan ketinggian 6,37 m diukur dari rangka baja induk bagian bawah. Abstrack Sp Gunung Kemala-Sanggi Bridge is the main road link located on the Bengkunat-Krui Sukarame road, Pesisir Selatan District, Pesisir Barat Regency, Lampung Province. This bridge has been damaged by floods and landslides. Considering the above, an efficient and safe re-planning is needed and in accordance with the natural conditions around the bridge in order to fulfill one of the main objectives in designing the bridge structure. The design criteria used to plan this bridge will refer to the regulations and references of the Indonesian National Standard, Circular of the Minister of Public Works and Public Housing, Load and Resistance Factor Design (LRFD), Allowable Stress Design (ASD), with calculations using the help of computer programs/SAP 2000, LPILE and GROUP software. In this final project, the superstructure of the steel truss bridge will be planned with a bridge length of 95 m and divided into two spans, each span of which the bridge has a length of 45 m and 50 m. And the lower structure uses a drilled pile foundation made of concrete. The bridge consists of two abutments and two supporting pillars. The width of the bridge is 6 m with a height of 6.37 m measured from the lower main steel frame.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2201190008

Keyword