ANALISIS POLA PERGERAKAN TRIP GENERATION DAN TRIP DISTRIBUTION DI KOTA PANGKALPINANG
Kota Pangkalpinang merupakan ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sangat mengandalkan sector transportasi baik transportasi darat sebagai sarana pergerakan intern dalam mengakses ruang gerak aktifitasnya, oleh karena itu maka dibutuhkannya perencanaan terhadap transportasi yang berisikan data utama untuk perencanaan dan kebijaksanaan transportasi seperti data asal tujuan perjalan dan data lalu lintas. Penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan data , yang dimana menggunakan data sekunder dan data hasil analisa peta dari instansi instansi terkait. Analisis Pola Pergerakan Trip sendiri dilakukan menggunakan analisis GIS.
Hasil Analisa diperoleh hasil data tarikan dan dorongan kota pangkal pinang dan menentukan peta desire dengan tujuan melihat analisis pola pergerakan trip generation dan trip distribution di kota pangkalpinang. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dari Trip Generation studi kasus Kota Pangkal Pinang, diperoleh data bahwa MAT atau Matriks Asal Tujuan terbesar diperoleh dari Kecamatan Bukit Intan dengan 658 pergerakan yang di dominasi penggunaan kendaraan motor. Kemudian rute pergerakan dari Kecamatan Bukitintan menuju Kecamatan Bukitintan adalah rute dengan pergerakan tertinggi di Pangkapinang dengan Nilai Pemilihan Moda terbesar yaitu 1759. Dapat diketahui bahwa rute dengan pergerakan tertinggi ini masih berada pada satu kecamatan yang mana artinya rute tertingginya ialah rute dengan pergerakan internal (masih di dalam satu kawasan).
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2112150003
Keyword