(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) (Studi Kasus: Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan)


Tingkat kepuasan merupakan hal yang sangat penting dalam mengukur keberhasilan suatu pelayanan atau produk yang disediakan oleh pemerintah. Salah satunya pada program BSPS yang dikhususkan untuk MBR, dimana tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap program BSPS di Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan. Hal yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah kesesuaian kriteria rumah layak huni dan tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan yang diberikan dalam program BSPS. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan metode skoring skala likert dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil analisis yang diperoleh yaitu adanya kesesuaian kriteria RLH yang telah dibangun dengan kriteria program BSPS, yang mana dapat diartikan sebagai bentuk produk yang dihasilkan atas pelayanan yang diberikan selama pelaksanaan pembangunan RLH dengan tujuan dapat menjadi terusan untuk sasaran berikutnya terkait tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan selama pelaksanaan pembangunan RLH. Hasil yang didapatkan berdasarkan analisis tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan didapatkan nilai rata-rata tingkat kesesuaian yang diperoleh antara tingkat kepuasan dan tingkat kepentingan seluruh atribut sebesar 92,33% yang masuk kedalam kategori sangat puas. Sehingga dapat dikatakan selama proses pelaksanaan pembangunan RLH di Kecamatan Jati Agung sudah sesuai dengan harapan masyarakat penerima bantuan. Kemudian berdasarkan hasil penelitian diketahui adanya keterkaitan antar sasaran yaitu terdapatnya kesesuaian antara kriteria RLH yang sudah dibangun dengan kriteria Program BSPS adalah karena kualitas pelayanan yang diberikan oleh TFL dalam mendampingi masyarakat penerima bantuan sudah sangat baik dan memuaskan atau dapat dikatakan dengan adanya pelayanan yang baik menciptakan rumah dengan kondisi yang layak huni serta dapat meningkatkan kehidupan masyarakat kearah yang lebih baik. Kata Kunci: BSPS, MBR, Tingkat kepuasanan, RLH

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2111070003

Keyword