Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) (Studi Kasus: Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan)
Tingkat kepuasan merupakan hal yang sangat penting dalam mengukur keberhasilan suatu
pelayanan atau produk yang disediakan oleh pemerintah. Salah satunya pada program
BSPS yang dikhususkan untuk MBR, dimana tujuan dalam penelitian adalah untuk
mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap program BSPS di Kecamatan Jati
Agung, Kabupaten Lampung Selatan. Hal yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah
kesesuaian kriteria rumah layak huni dan tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas
pelayanan yang diberikan dalam program BSPS. Analisis yang digunakan dalam penelitian
ini yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan metode skoring skala likert dan
Importance Performance Analysis (IPA). Hasil analisis yang diperoleh yaitu adanya
kesesuaian kriteria RLH yang telah dibangun dengan kriteria program BSPS, yang mana
dapat diartikan sebagai bentuk produk yang dihasilkan atas pelayanan yang diberikan
selama pelaksanaan pembangunan RLH dengan tujuan dapat menjadi terusan untuk sasaran
berikutnya terkait tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan selama
pelaksanaan pembangunan RLH. Hasil yang didapatkan berdasarkan analisis tingkat
kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan didapatkan nilai rata-rata tingkat
kesesuaian yang diperoleh antara tingkat kepuasan dan tingkat kepentingan seluruh atribut
sebesar 92,33% yang masuk kedalam kategori sangat puas. Sehingga dapat dikatakan
selama proses pelaksanaan pembangunan RLH di Kecamatan Jati Agung sudah sesuai
dengan harapan masyarakat penerima bantuan. Kemudian berdasarkan hasil penelitian
diketahui adanya keterkaitan antar sasaran yaitu terdapatnya kesesuaian antara kriteria
RLH yang sudah dibangun dengan kriteria Program BSPS adalah karena kualitas pelayanan
yang diberikan oleh TFL dalam mendampingi masyarakat penerima bantuan sudah sangat
baik dan memuaskan atau dapat dikatakan dengan adanya pelayanan yang baik
menciptakan rumah dengan kondisi yang layak huni serta dapat meningkatkan kehidupan
masyarakat kearah yang lebih baik.
Kata Kunci: BSPS, MBR, Tingkat kepuasanan, RLH
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2111070003
Keyword