Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) (Studi Kasus: Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan)
		
		
		
			Tingkat kepuasan merupakan hal yang sangat penting dalam mengukur keberhasilan suatu 
pelayanan atau produk yang disediakan oleh pemerintah. Salah satunya pada program 
BSPS yang dikhususkan untuk MBR, dimana tujuan dalam penelitian adalah untuk 
mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap program BSPS di Kecamatan Jati 
Agung, Kabupaten Lampung Selatan. Hal yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah 
kesesuaian kriteria rumah layak huni dan tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas 
pelayanan yang diberikan dalam program BSPS. Analisis yang digunakan dalam penelitian 
ini yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan metode skoring skala likert dan 
Importance Performance Analysis (IPA). Hasil analisis yang diperoleh yaitu adanya 
kesesuaian kriteria RLH yang telah dibangun dengan kriteria program BSPS, yang mana 
dapat diartikan sebagai bentuk produk yang dihasilkan atas pelayanan yang diberikan 
selama pelaksanaan pembangunan RLH dengan tujuan dapat menjadi terusan untuk sasaran 
berikutnya terkait tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan selama 
pelaksanaan pembangunan RLH. Hasil yang didapatkan berdasarkan analisis tingkat 
kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan didapatkan nilai rata-rata tingkat 
kesesuaian yang diperoleh antara tingkat kepuasan dan tingkat kepentingan seluruh atribut 
sebesar 92,33% yang masuk kedalam kategori sangat puas. Sehingga dapat dikatakan 
selama proses pelaksanaan pembangunan RLH di Kecamatan Jati Agung sudah sesuai 
dengan harapan masyarakat penerima bantuan. Kemudian berdasarkan hasil penelitian 
diketahui adanya keterkaitan antar sasaran yaitu terdapatnya kesesuaian antara kriteria 
RLH yang sudah dibangun dengan kriteria Program BSPS adalah karena kualitas pelayanan 
yang diberikan oleh TFL dalam mendampingi masyarakat penerima bantuan sudah sangat 
baik dan memuaskan atau dapat dikatakan dengan adanya pelayanan yang baik 
menciptakan rumah dengan kondisi yang layak huni serta dapat meningkatkan kehidupan 
masyarakat kearah yang lebih baik.
Kata Kunci: BSPS, MBR, Tingkat kepuasanan, RLH
 
			URI 
			
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2111070003 
			Keyword