(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

PENGELOMPOKKAN SUDOKU BERDASARKAN TINGKAT KESULITAN MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING


Pada abad ke-21 ini, banyak sekali permainan tradisional yang mulai diadaptasi ke bentuk digital, karena bentuk permainan yang didigitalisasi akan dapat lebih mudah untuk dimainkan. Pada era ini juga selain mendigitalisasi bentuk permainannya juga mengembangkan metode dalam permainannya. Dalam permainan Sudoku, terdapat metode untuk Sudoku generator dan solver. Penelitian ini ditulis bertujuan untuk mengelompokkan sudoku berdasarkan tingkat kesulitan dengan metode k-means, menguji kualitas hasil clustering dengan metode silhouette coefficient, dan membandingkan hasil cluster pada penelitian ini dengan kelompok tingkat kesulitan pada Sudoku Generator. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan algoritma backtracking sebagai sudoku solver untuk menentukan tingkat kesulitan dengan menghitung jumlah iterasi pencarian solusi dan jumlah kotak kosong yang tersedia. Jumlah sampel Sudoku yang digunakan berjumlah 50 buah papan Sudoku dari 4 tingkat kesulitan pada sudoku generator yang dipakai pada penelitian ini. Hasil clustering untuk Sudoku dengan k-means memberikan silhouette score sebesar 0.89 untuk k=4 dengan tipe struktur yang kuat. Pencocokkan hasil clustering dengan kelompok pada sudoku generator memiliki presentase sebesar 73% untuk setiap 4 tingkat kesulitan yang berbeda.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2110060001

Keyword