(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

PERBANDINGAN DAMPAK PENGALAMAN PENGGUNA TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN MODEL DELONE & MCLEAN (STUDI KASUS: SOCIOLLA CONNECT DAN SEPHORA)


Salah satu aspek yang dianggap fundamental dalam mencapai keberhasilan pada industri e-commerce adalah kepuasan pengguna. Sociolla Connect dan Sephora Mobile merupakan contoh dari e-commerce berbasis aplikasi mobile yang bergerak pada kategori beauty yang turut meramaikan pasar bisnis e-commerce di Indonesia. Seiring dengan perkembangan kedua aplikasi, banyak pengguna yang masih mengeluhkan performa dan fungsi dari masing-masing aplikasi dan hal tersebut memberikan dampak pada tingkat kepuasan pengguna dari kedua aplikasi. Karena hal tersebut penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna agar pengguna dari kedua aplikasi merasa nyaman saat menggunakan aplikasi dan mengetahui dampak kepuasan pengguna terhadap tingkat kepuasan pengguna. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model DeLone & McLean serta dua nilai yang dirasakan dari pengguna yaitu nilai utilitarian dan nilai hedonic. Purposive sampling dipilih menjadi teknik untuk pencuplikan sampel penelitian dan data penelitian diperoleh dari pendistribusian kuesioner secara daring. Hasil pengumpulan data diolah dengan Structural Equation Modelling (SEM) menggunakan bantuan software SmartPLS. Berdasarkan dari hasil penelitian, diperoleh bahwa kualitas sistem merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan pengguna dari aplikasi Sociolla Connect dan Sephora Mobile, namun pada aplikasi Sephora Mobile selain kualitas sistem, kepuasan pengguna dipengaruhi juga oleh variabel lain yaitu nilai utilitarian. Kata kunci: Pengalaman pengguna, Kepuasan pengguna, SmartPLS, Sociolla Connect, Sephora Mobile

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2109020025

Keyword